Batam, News, Kepri

Nikmati Resep Cumi Masak Hitam dari Chef Yovi HARRIS Resort Barelang

Egi | Senin 04 May 2020 16:10 WIB | 2073



Cumi masak hitam merupakan menu lokal dan salah satu andalan dari HARRIS Resort Barelang (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Executive Chef Yovi Nofrizal memberikan resep masakan khas HARRIS Resort Barelang Batam yang dapat dicoba oleh siapa saja terutama ibu-ibu yang senang memasak dengan menu berbahan dasar cumi. 


Cumi masak hitam merupakan menu lokal dan salah satu andalan dari HARRIS Resort Barelang bagi tamu-tamu yang menginap ketika ingin memesan makanan ini. 


"Momen ramadhan ini sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu-ibu dirumah yang mencoba variasi masakan dengan menu ini, berharap dengan adanya menu dari HARRIS Resort Barelang Batam semoga dapat memberikan berkah dan pilihan makanan untuk dirumah," kata Chef Yofi pada Senin (4/5/2020). 


Lanjutnya, adapun bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu, cumi segar 250 gr, bawang merah 3 pcs, bawang putih 2 pcs, jeruk nipis 1 pcs, cabai merah 2 pcs, lengkuas 2 cm, serai 1 batang, daun jeruk purut 3 lembar, daun salam 2 lembar, air secukupnya, garam setengah sendok, dan merica hitam seperempat sendok.


"Berikut tata cara memesak cumi masak hitam ala Chef Yovi Harris Resort Barelang, yang pertama, bersihkan cumi-cumi dengan cara menarik kepalanya dengan hati-hati, karena tinta akan ikut tertarik bersama kepalanya maka jangan sampai kantung tinta pecah, sisihkan tinta yang keluar dari kantung cumi tersebut," ujar Chef.


Lanjutkan bersihkan isi perut cumi memakai air agar memudahkan mengeluarkan kotorannya, tarik dan buang yang berbentuk seperti plastic dari perutnya, bila selalu potong-potong.


"Setelah cumi selesai dibersihkan, lumuri cumi dengan perasan jeruk nipis dan sisihkan. Potong bawang merah, bawang putih, cabe, dan lengkuas," tuturnya.


Selanjutnya, panaskan sedikit minyak, masukan bumbu yang sudah di potong kemudian masukkan lengkuas, serai, daun jeruk purut, dan daun salam tumis hingga layu.


"Masukkan tinta hitam dari cumi yang sudah di tambah sedikit air, setelah bumbu tercium wangi, kemudian masukkan cumi-cumi, aduk rata. Tambahkan gula, garam dan penyedap sesuai selera," bebernya.


Masak hingga cumi matang dan air telah menyusut sambil sesekali diaduk. Untuk catatan, cumi jangan di masak terlalu lama, karena semakin lama akan semakin keras. Terakhir koreksi rasa dan cumi masak hitam siap dihidangkan dengan semangkuk nasi hangat, (egi)




Share on Social Media