Batam, News, Ekonomi, Kepri

Sumber Ekonomi Alternatif, Pospera Kepri Budidayakan Bibit Rumput Laut

Egi | Senin 22 Jun 2020 20:37 WIB | 2868



Rompy Muniatra selaku ketua Kelompok Nelayan Pospera Pulau Penawar Rindu, saat perlihatkan pembibitan rumput laut


MATAKEPRI.COM BATAM -- Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kepulauan Riau melaksanakan pemotongan dan pengembangbiakkan bibit rumput laut yang masih berumur 21 sampai 23 hari.


Ketua DPD Pospera Kepri Hazhary  mengatakan disaat pandemi Covid-19 membuat perekonomian menjadi menurun, namun rumput laut sangat berpotensi sebagai sumber ekonomi alternative dan berkelanjutan bagi masyarakat, terutama warga Belakang Padang.


"Dengan semua keterbatasan ini tidak akan menyurutkan semangat kami serta kawan-kawan untuk berjuang dan bertahan memperbaiki pondasi ekonomi kami secara bersama," ujar Hazhary pada Senin (22/6/2020) sore di Pulau Penawar Rindu Belakang Padang. 


Lanjutnya, kami yakin, rumput laut di Provinsi Kepri akan memiliki nama di kaca Nasional suatu saat nanti.


"Perlahan mimpi itu kami buat, kami rawat dan akan kami pertahankan," ungkap Ketua DPD Pospera Kepri.


Dengan budidaya rumput laut ini berharap nelayan tidak lagi bergantung pada penangkapan ikan serta berbagai jenis hewan di laut lain yang terus mengenal musim.


"Mereka bisa menjadi pembudidaya rumput laut, karena penghasilan yang diterima dari budidaya rumput laut akan dapat meningkatkan pendapatan mereka, bahkan bisa berpenghasilan UMK," ungkapnya.


"Semoga akan menjadi magnet yang maha dahsyat bagi seluruh nelayan dan rakyat pesisir kita untuk menjadikan rumput laut sebagai sumber ekonomi alternatif bagi rakyat yang kurang mampu dalam memperbaiki taraf hidup kita bersama," imbuhnya, (egi)



Share on Social Media