Batam, News, Kepri

Ahli di Bidang Industri Pelayaran, Lisa Yulia Berhasil Dirikan Perusahaan Keagenan Kapal

Egi | Jumat 17 Jul 2020 07:26 WIB | 3358

Pengusaha


Kepala Kantor KSOP Batam, Sanggam Marihot Simamora didampingi Lisa Yulia saat penandatanganan plakat (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keagenan kapal secara resmi telah dibuka ditandai dengan acara syukuran, pemotongan pita dan penandatanganan plakat oleh Kepala KSOP Batam Sanggam Marihot Simamora, Jum'at (17/7/2020).


Berbekal pengalaman yang sudah sangat ahli dibidang pelayaran dan melihat besarnya potensi penghasilan yang bisa diraih dari industri ini, membuat wanita ini memberanikan diri untuk membuka perusahaan yang seharusnya pekerjaan tersebut dilakoni oleh kaum pria.


President Director PT Pelayaran Kencana Global, Lisa Yulia mengatakan sebelumnya perusahaan ini sudah hadir pada 5 Maret 2020. Namun,  dikarenakan adanya wabah virus corona (Covid-19) membuat pihaknya menunda sesaat untuk melakukan peresmian. 


"Alhamdulillah, impian itu terwujud. Pada hari ini kami bisa melakukan peresmiannya, namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah," ujar Lisa kepada media pada Kamis (16/7/2020).


Dikatakannya, sebagai perempuan, kita harus bisa menjadi perempuan yang tangguh. Perempuan tangguh adalah seseorang yang senantiasa kuat dalam menghadapi segala permasalahan baik di rumah ataupun di kantor. 




"Sosok yang seperti ini membuat perempuan semakin disegani dan membantu perempuan untuk bertahan di tengah kehidupan yang keras," ungkapnya.


Beranjak dari semangat itulah, meski ditengah pandemi Covid-19, Lisa menangkap ada sebuah peluang yang bisa diraih dari industri pelayaran ini. 


"Disaat kapal-kapal dari dalam dan luar negeri lagi memikirkan strategi apa yang akan dilakukan dimasa pandemi ini, maka disaat itulah kami menawarkan peluang-peluang," tuturnya.


Sebagai seorang pengusaha, tentunya Lisa sudah memiliki strategi untuk bisa menggaet kapal-kapal tersebut masuk ke wilayah Batam. Dan, ketika kapal tersebut sudah masuk ke Batam, secara otomatis bisa menggerakan roda perekonomian.


"Ketika kapal masuk, crew-crew yang berada didalamnya otomatis mereka mempunyai kebutuhan. Nah, disaat itulah kami hadir memenuhi segala kebutuhan yang diperlukannya," ungkapnya.




Ditengah pandemi Covid-19, PT Pelayaran Kencana Global juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga di Kota Batam


"Sejak bulan Maret sampai dengan hari ini, kurang lebih 40 kariawan yang kita pekerjakan. Untuk office sebanyak 12 orang dan untuk crew sebanyak 26 orang," kata Lisa.


Lebih lanjut Lisa menjelaskan, perusahaannya memiliki bebagai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, yakni One Stop Shipping Agent & Logistic Solution. 


"Artinya semua kebutuhan kapal dan semua kebutuhan proyek oil dan gas kita bisa suplai, kita juga utamakan keselamatan dan tepat waktu, yang paling penting kita bisa menimalisir biaya. Contohnya, negara Singapore tawar harga berapa, kita bisa dibawah itu," bebernya.


Lanjutnya, selain berkantor pusat di Batam pihaknya juga sudah memiliki perwakilan di beberapa kota di Indonesia, diantaraya, Jakarta, dan untuk Pulau Bali, Natuna, dan Karimun on proses.


"Semoga kedepannya kami bisa membuka perwakilan dibeberapa kota besar di Indonesia dan juga perwakilan diluar negeri," imbuhnya.


Lisa Yulia, seorang wanita yang memiliki banyak karir ini berharap PT Pelayaran Kencana Global bisa menjadi pelayaran keagenan kapal yang berkembang dan terbesar di Kota Batam.


"Orang lain bisa kenapa kita enggak," tegas Lisa.




Dilokasi yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Sanggam Marihot Simamora memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas telah diresmikannya perusahaan keagenan kapal PT Pelayaran Kencana Global di Batam.


"Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya buat ibu Lisa," ujar Sanggam usai acara peresmian.


Dikatakannya, sejak terjadinya pandemi Covid-19 di Provinsi Kepri, industri pelayaran khususnya di Kota Batam mengalami penurunan.


Nah, apa yang telah dilakukan oleh PT Pelayaran Kencana Global hari ini, merupakan salah satu bentuk nyata dari kebangkitan perekonomian di Kota Batam bahkan dunia. Dan sudah sepatutnya kita harus mendukungnya.


"Mengenai keagenan ataupun kekurangan yang terjadi dilapangan, petugas kami akan siap memberikan pelayanan yang maksimal," pungkas Sanggam, (egi)




Share on Social Media