Batam

Rakor Lanjutan Bersama Mitra LPKA, Inilah 4 Program LPKA Kelas II Batam

Juliadi | Kamis 25 Feb 2021 12:53 WIB | 1813

Pendidikan
Lapas/Rutan/LPKA/LPP


Penandatanganan MoU lanjutkan oleh Ka LPKA Kelas II Batam Novriadi B dengan Mitra LPKA, Kamis (25/2/2021). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM BATAM --  Guna memberikan pendidikan dan keterampilan kepada anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam kembali menggelar Rapat koordinasi (Rakor) lanjutan bersama mitra LPKA Kelas II Batam, bertempat di LPKA Kelas II Batam, Kamis (25/2/2021).



Ka LPKA Kelas II Batam Novriadi B, saat dikonfirmasi matakepri.com, Kamis (25/2/2021). Foto : Adi 


Disela-sela Rakor Kepala LPKA Kelas II Batam Novriadi B, mengatakan, kegiatan ini sudah digagas awal tahun. Akan tetapi karena Covid-19, baru hari dapat terlaksana.


Menurut Novriadi, Mitra LPKA yang ada diluar Aparat Penegak Hukum (APH) ada sekitar 13 dibidang Pendidikan, kesehatan dan keterampilan.


"Jadi program di LPKA ada 4 yakni, pendidikan, perawatan kesehatan, aktivitas anak dan keahlian anak di proses bimbingan dan pembangunan anak," ungkap Novriadi.


"Harapan kami kedepan kepada para mitra, apa yang telah dijanjikan menjadi wujud kita bersama dan kepada anak di LPKA yang putus sekolah dapat menikmati pendidikan kembali, serta dapat mendapatkan ijazah," harap Novriadi.


Lanjut dikatakannya, disisi kesehatan, anak-anak sudah dapat mendapatkan pelayanan yang bekerjasama dengan Puskesmas Baloi.


"Alhamdulillah, pada sampai hari ini, anak-anak kita masih dalam keadaan sehat dan kita lakukan olahraga secara rutin. Terkait dengan Kartu Identitas Anak (KIA), kita sudah meluncurkan kerjasama dengan Disdukcapil," kata Novriadi.


Untuk keterampilan anak, Novriadi menjelaskan, ada pembuat keset ada juga pembuatan kerajinan kecil dan anak-anak juga akan dibina dari kerohanian menurut agama masing, sehingga setelah keluar dari sini, anak tersebut juga memiliki karakter yang lebih baik.


Sementara itu, salah satu Mitra LPKA yakni Yayasan Setara Kita,  Zainal Arifin, menambahkan, bahwa yayasan mereka sudah bermitra dengan LPKA Kelas II Batam sudah dari tahun 2004 dan ia juga senang dapat berbagi dengan anak-anak binaan LPKA Kelas II Batam ini.


"Program yang kami berikan, kerohanian dan keterampilan," ucap Zainal.


Lanjut dikatakannya, jika tidak mengikuti aluran anak-anak, apa yang disampaikan kepada anak-anak tidak akan ditangkap.


"Pola pikir anak-anak itu seperti apa, kita lihat karakternya," ujarnya. (Adi) 



Share on Social Media