Karimun

Pembentukan dan Pengukuhan Rapala Karimun

| Rabu 03 Mar 2021 23:19 WIB | 1180

AD/AL/AU


Rapala Karimun Foto bersama di Gedung Nasional


MATAKEPRI.COM KARIMUN - Badan keamanan laut (Bakamla) RI Kabupaten Karimun membentuk Relawan penjaga laut nusantara (Rapala) untuk membantu tugas Bakamla dalam menjaga keamanan laut Republik indonesia dari ancaman kejahatan laut.


Pembentukan dan pengukuhan Relawan penjaga laut (Rapala) Nusantara, dilakukan direktur kerjasama Bakamla RI, Laksamana Retiono Kunto, H, SE. Rapala yang ada di Kabupaten Karimun berjumlah 30 orang yang diadakan digedung nasional Kabupaten Karimun, Kepri (03/02/2021).


Direktur kerjasama Bakamla RI dalam kata sambutannya mengatakan Karimun terletak disebelah barat Provinsi Riau yang berhimpitan dengan selat malaka dan berbatasan maritim dengan negara Malaysia dan Singapura, dengan luas wilayah 7.984 KM2. Wilayah daratan luas 1.524 KM2 dan luas lautan 6.460 KM2. Hal itu berarti luas lautnya 80 % lebih besar dari luas daratan.


"Melihat Kabupaten Karimun yang merupakan wilayah strategis dan terletak dekat Selat Malaka dan berbatas langsung dengan Malaysia dan Singapura merupakan lintasan internasional. Pembentukan Rapala guna menunjang tugas dari Bakamla RI dari pelanggaran yang terjadi dilaut NKRI", ujarnya.


Laksamana Retiono kunto, H, SE menerangkan memadang besarnya potensi ancaman yang ada diperairan Karimun, perlu pembentukan Relawan ini.


"Besarnya potensi ancaman diperairan Karimun, maka Bakamla memandang perlu pembentukan Relawan penjaga laut (Rapala) nusantara di Karimun, terdiri dari 30 orang yang berasal dari kelompok propesi dan komunitas masyarakat pengiat sosial masyarakat", tambahnya.


Adapun tugas dri Rapala yaitu : 


1. Membantu mengumpulkan, mengindefikasi dan melaporkan data dan imformasi keselamatan dan keamanan dilaut.


2. Membantu dan memberikan dukungan terkait dalam pencarian dan pertolongan di laut.


3. Membantu dalam pengembangan Sumbe Daya Alam (SDA) dalam pemanfaatan kelautan di wilayah pesisir perbatasan.


Kegiatan Rapala dilanjutkan dengan pembekalan pada pukul 09.10 s/d 09.55 WIB. Pembekalan Rapala ini diberikan oleh Danlanal TBK Letkol laut (P) Maswedi. Adapun materi pembekalan yaitu tentang wawasan kebangsaan dan bela negara  tujuan dan fungsi bela negara dan pembekalan dari kasi penindakan dari KPPBC (P2) Karimun Manna Subastian. (Iwan)



Share on Social Media