Karimun

144 Siswa SMK Negeri 2 Karimun Ikuti UKK

| Selasa 30 Mar 2021 11:08 WIB | 1429

Pendidikan


Tim penguji UKK SMK 2 Negeri Karimun


MATAKEPRI.COM KARIMUN -- Selama 2 hari (29-30) para siswa SMK Negeri 2 Karimun, mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun ajaran 2020/2021.


Kendati masa pandemi, dengan mengikuti protokol kesehatan para siswa KELAS XII diuji kompetensinya untuk mangakhiri masa belajar selama 3 tahun di sekokah. Dengan kegiatan ini, mereka akan dapat melihat hasil kemampuan siswa dan kedepan dapat meningkatkan ilmu serta akan meneruskan  kejenjang pendidikan lanjut diberbagai Perguruan Tinggi (PT) yang ada ditanah air bagi yang lulus UKK.


"Kita berharap melalui uji kompetensi ini, siswa akan mengerti potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya sesuai dengan kompetensi keahliannya," ujar Supini, S.Pd. Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Karimun.


Kepada media, Selasa (29/3), diruang kerjanya, Supini menjelaskan Kompetensi ini diikuti oleh 144 siswa yang terdiri dari 26 siswa jurusan Tata Boga, Perhotelan  24 siswa, Perkantoran 34 siswa, Bisnis daring pemasaran 32 siswa, Usaha perjalanan wisata 28 siswa.


Selama UKK, tim penguji, selain dari  instansi pemerintah terkait seperti Dinas Pariwisata Karimun,Taufik Hidayat dan   Kantor Kepegawaian Karimun Wage, sebagai penguji jurusan Perkantoran, juga dari industri perhotelan Karimun City Hotel diwakili Ahmad Suhartoni Damanik dan Ruslan dari Hotel Royal.


Salah seorang Siswa, Maria Oktavia (18), jurusan Tata Boga mengatakan selama mengikuti uji kompetensi keahlian, dirinya harus belajar dengan baik, dari cara  menyiapkan bahan bahan yang diperlukan, mempelajari komposisi bahan yang dibutuhkan, menyesuaikan tata letak makanan, membuat komposisi letak makanan, belajar membuat menu dan cara mengolah makanan dengan baik.


"Saya berharap dengan ilmu yang didapat di SMK Negeri 2, dapat diterapkan di dunia kerja," ujar Maria.


Sementara itu SMK Negeri 2 Karimun, saat ini sudah terlihat jauh mengalami perubahan dari tahun - ketahun. Bahkan fasilitas yang ada saat ini sudah tergolong mewah dan presentatif buat memproduksi Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang Dunia Jasa Perhotelan. Apalagi kemampuan para tenaga pendidiknya yang berpengalaman sesuai dengan bidangnya, ujar Ruslan, yang ditugaskan sebagai salah satu penguji UKK SMK Negeri 2 Karimun.(*)



Share on Social Media