Tanjungpinang

Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Laksanakan Upacara Tabur Bunga di Laut

Juliadi | Sabtu 15 Jan 2022 13:47 WIB | 1686

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2022, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV melaksanakan Upacara di Dermaga Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang dilanjutkan Tabur Bunga di Laut, Sabtu (15/1/2022).


Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH., MH., M.Tr.Opsla bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dan dihadiri oleh Wakil Komandan Lantamal (Danlantamal) IV, Kolonel Marinir Andi Rahmat M; Para Pejabat utama dan Para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal IV Tanjungpinang serta Ketua Jalasenastri Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I dan Pengurus Korcab IV DJA I. 


Adapun rangkaian upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2022 yaitu Penghormatan kepada Irup, Pembacaan Sejarah Pertempuran Laut, Penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan, Mengheningkan Cipta, Amanat dan ditutup dengan Penghormatan kepada Inspektur Upacara. 


Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2022 dilaksanakan terpusat di Surabaya dengan Irup Kepala Staf Antara lain katan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM.  


Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal IV, Kasal menyampakan bahwa sifat para pahlawan telah memberi kita tauladan dan mengajarkan makna kepahlawanan. 


“Tidak pernah takut, karena membela kebenaran, Berani menderita, untuk cita-cita mulia, Rela berkorban jiwa raga, demi bangsa dan negara, Pantang menyerah, karena keyakinan kepada Sang Pencipta,” tegas Kasal.


Momentum peringatan hari dharma samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta.  


“Selaras dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Justru di laut kita jaya, Saya berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera, dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut, bangsa yang irama nafasnya seiring dengan irama gelombang samudera,” pungkas Kasal mengakhiri amanatnya. 


Selesai pelaksanaan upacara, Danlantamal IV dan Ketua Jalasenastri Korcab IV DJA I diikuti oleh Wadan Lantamal IV, Pju dan Pengurus Korcab IV DJA I menuju ke KAL Mapor untuk melaksanakan Tabur Bunga di laut. (r/Adi) 



Share on Social Media