Batam

Brigjen TNI Jimmy, Satgassus PMI Terus Berupaya Agar Varian Omicron Tidak Masuk Kepri

Juliadi | Sabtu 15 Jan 2022 16:52 WIB | 1351

Bakti Sosial/Bantuan Sosial
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Covid-19 Daerah Perlintasan di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di bawah kendali Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu,S.Hub.Int, menyampaikan bahwasanya, belum ditemukan Covid-19 varian baru Omicron pada PMI yang pulang ke Indonesia melalui jalur Batam, hingga hari ini, Sabtu (15/1/2022). 


Adapun data tim Satgassus PMI menyebutkan bahwa, sebanyak 180 PMI kembali masuk ke Indonesia melalui pintu Pelabuhan Internasional Feri Batam Center dan Harbour Bay, pada Jum'at, (14/1/2022) 180 PMI itu terdiri dari 124 orang yang datang dari Malaysia dan 56 dari Singapura. 


Sementara, total penghuni yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kampung Vietnam, Provinsi Kepri, Batam, karena positif Covid-19 tercatat sebanyak 247 orang dan masih ditangani. Jumlah ini terdiri dari 162 laki-laki dan 85 perempuan dengan okupansi sebesar 53,70 persen dari penurunan data sebelumnya. 


Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Infanteri (Inf) Reza Fahlevi, mengatakan, ke semua PMI yang datang tersebut dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani dua tahapan tes, yakni antigen dan swab polymerase chain reaction (PCR) pertama. 


“Mereka dinyatakan negatif, setelah menjalani tes swab antigen dan PCR pertama,” kata Mayor Inf Reza," Jumat (14/1/2022) kemarin. 


Terhadap penanganan PMI, dijelaskan Kapenrem 033/WP bahwa, pihaknya sudah melakukan segala upaya dengan semaksimal mungkin, terlebih dengan adanya varian baru yang masuk ke Indonesia. 


“Harapan kita semua, agar virus Covid-19 baru Omicron ini tidak menyebar. Segala usaha akan kami lakukan semaksimal mungkin, dalam penanganan PMI ke Indonesia,” ujar Kapenrem 033/WP.



Share on Social Media