Tanjungpinang

Danlantamal IV Pimpin Upacara Hakitnas ke-114

Juliadi | Jumat 20 May 2022 20:38 WIB | 1058

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si, memimpin upacara penaikan bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Hakitnas) ke-114 di Lapangan Apel Mako Lantamal IV, Jumat (20/5/2022).


Danlantamal IV dalam upacara peringatan Harkitnas membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang bertemakan "Ayo Bangkit Bersama" menyampaikan. 


"Tahun ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-114, pada tahun ini Ayo Bangkit Bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir," ucap Danlantamal IV. 


Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan Hari Lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. 


"Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi Berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan," ucap Danlantamal IV dalam amanat tersebut. 


Di akhir amanat tersebut Danlantamal IV menyampaikan bahwasanya di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia.


"Hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah DR. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia dunia pulih bersama, ayo bangkit lebih kuat," tuturnya. 


Dalam upacara Harkitnas tersebut, dihadiri oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Para Pejabat utama (Pju) Lantamal IV beserta para Kepala Dinas (Kadis) dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal IV serta seluruh Prajurit dan PNS Mako Lantamal IV. (*)



Share on Social Media