Batam, News, Kepri

Isi BBM di Singapura, Salah Satu Penyebab Harga Tiket Kapal Ferry Batam Singapura Mahal

Egi | Kamis 23 Jun 2022 10:56 WIB | 1043

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Pertamina
Pengusaha
Transportasi
Perusahaan
Wisman
Pariwisata
Ekonomi & Bisnis
Kadin


Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Harga tiket kapal feri dari Batam menuju Singapura dan sebaliknya terlampau sangat mahal. Warga yang mengeluhkan itu diresponi oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Batam. 


Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengungkapkan, ada beberapa penyebab kenaikan harga tiket kapal Ferry Batam Singapura maupun sebaliknya. 


"Salah satunya yaitu, dikarenakan pihak perusahaan kapal Ferry melakukan pengisian bahan bakar minyak di Singapura," ujar Jadi pada Rabu (22/6/2022) siang. 


Jadi mengatakan, kapal-kapal Ferry tersebut merupakan milik perusahaan orang Singapura. Jadi mereka mengikuti peraturan disana. 


"Berdasarkan ucapan dari agen tiket kapal, bahwa kenaikan tiket juga disebabkan oleh naiknya harga minyak dunia dan sementara itu BBM kapal juga diisi di Singapura sesuai dengan aturan perusahaan," bebernya. 


Lanjut Jadi bertanya kepada agen tiket kapal. Kenapa tidak membeli bahan bakar kapalnya di Batam. Pastinya kalau disini jauh lebih murah harganya dari Singapura. 


"Kalau kapalnya dari Singapura ke Batam mungkin saja pengisian bahan bakar di Singapura. Tetapi, kalau kapalnya dari Batam ke Singapura seharusnya beli bahan bakarnya di Batam," tuturnya. 


Jadi juga mengatakan, selain itu, untuk harga tiket sesama perusahaan agen kapal saat ini masih bersaing harga. 


"Harga tiket kapal masih diatur sendiri-sendiri, bahkan dari mereka masih bersaing harga. Nanti akan kita coba dorong Pemerintah untuk mengatur harganya. Mungkin harus ada tarif Atas dan bawah," imbuhnya. 


Kadin Batam berharap perusahaan kapal Ferry tidak mementingkan bisnisnya saja, kita yang disini juga mempunyai kepentingan yaitu menarik pariwisata di kepri. 


"Untuk itu kita ingin perusahaan kapal Ferry bisa membeli bahan bakar di Batam. Dan kalau berbicara tempatnya tidak ada, kita akan carikan investor yang bisa sediakan SPBU untuk pengisian bahan bakar kapal," pungkasnya (Egi




Share on Social Media