Batam

Wakil Walikota Batam Sholat Idul Adha di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Juliadi | Jumat 31 Jul 2020 12:54 WIB | 78

Pemko Batam


Masyarakat Kota Batam saat sholat Idul Adha di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (31/7/2020)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Ribuan jamaah Salat Idul Adha Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah khusyuk mendoakan Batam dan Indonesia pada umumnya segera terbebas dari Pandemi Covid-19. Turut hadir Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad beserta istrinya, Erlita Sari Amsakar dan keluarga.


Dalam khutbahnya, KH Didi Suryadi menyampaikan, Idul Adha adalah momentum penuh nilai dan syarat makna. Menurutnya, ada dua hal yang menyertai hal ini yakni haji dan kurban. 


Namun karena kini sedang Pandemi Covid-19, keduanya dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.


"Cobaan ini jangan menurunkan semangat beragama, dalam menjalankan fungsi khalifah dan pengabdian kepada Allah. Disamping ada hikmahnya, suasana ini mari jadikan ajang muhasabah diri," ajak dia.


Sembari berusaha menekan penyebaran Covid-19 dengan menjalani protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Ia mengatakan cobaan maupun musibah akan selalu diikuti dengan pertolongan Allah.


"Kita sadari apa yang kita rencanakan tanpa ada pertolongan Allah akan sia-sia," imbuhnya.


Untuk mendapat pertolongan Allah, Didi mengutip QS Al-Hajj. Pada ayat 40 surat tersebut berarti 'Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuasa lagi Maha Perkasa'.


Sementara  pada ayat 41, kelompok  yang mendapat pertolongan disebutkan '(Yaitu) orang-orang yang jika Kami beri kedudukan di bumi, mereka melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan'.


"Terkait zakat, bagi yang mampu secara materi pada masa pendemi menjadi sangat penting untuk masyarakat atau saudara kita yang terdampak Covid-19," katanya.


Sementara itu pelaksanaan Salat Idul Adha di masjid terbesar se Sumatera ini berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.  Panitia siaga di setiap pintu masuk masjid, membagikan masker hingga plastik untuk keperluan barang bawaan jamaah.


Bertindak sebagai imam salat, Ustaz H Sufyan Muttaqin sedangkan bilal yakni Ustaz Muhall. Adapun tema Idul Adha di masjid yang kini menjadi salah satu ikon wisata religi Batam yakni 'Semangat Berkurban Untuk Solidaritas Sosial dan Tatanan Baru, Produktif, dan Aman Covid-19'.


Ketua Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Yumasnur menyebutkan, persiapan ini sudah dilakukan beberapa hari sebelum pelaksanaan salat.


"Penerapan protokol kesehatan, seperti pengaturan jarak antar jamaah kami terapkan juga pembagian masker. Ini semata-mata untuk menekan penyebaran Covid-19," katanya. (r/Adi)