Batam, News, Kepri

Peduli Sesama, MPC PP Kota Batam Potong Kurban Satu Ekor Sapi

Egi | Sabtu 01 Aug 2020 10:52 WIB | 60

Pemuda Pancasila


Ketua Panitia Kurban MPC PP Kota Batam, Rudi Pardamean Siregar serahkan daging kurban ke pengurus PAC PP (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Di hari raya Idul Adha 1441 H, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Batam melaksanakan pemotongan hewan kurban 1 (satu) ekor sapi, Sabtu (1/8/2020).


Pemotongan hewan kurban dari anggota MPC PP Kota Batam ini, disembelih di Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Jalan Bunga Raya, Komplek Pertokoan Wisma Prima No.7-8 Lubukbaja, Jumat (31/7/2020) siang.


Ketua Panitia Kurban MPC PP Kota Batam, Rudi Pardamean Siregar mengatakan kurban yang digelar PP Kota Batam ini tetap dengan protokol kesehatan. Adapun daging kurban dibagi ke-12 Pimpinan Anak Cabang (PAC) PP se-Kota Batam, yatim piatu, dan masyarakat sekitar.


"Yang menerima daging kurban sudah panitia inventarisir. Mereka yang ambil sendiri ke Sekretariat MPC Pemuda Pancasila. Tapi, kalau berhalangan hadiri maka panitia yang mengantarkan apa yang menjadi bagian mereka," kata Rudi.


Menurut Rudi, kegiatan kurban pertama kali di era Ketua MPC PP Kota Batam dijabat Darwin Sijabat ini, hendaknya menjadi contoh dan barometer bagi kader-kader PP lainnya bisa menyisikan rezeki yang mereka miliki.


"Karena itu memang bagian dari syariat Islam bagi yang mampu untuk melaksanakan kurban," ajak Rudi.


Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kota Batam, Tata Sulistiyani menambahkan bahwa pelaksanaan kurban merupakan program tahunan bagi MPC PP Kota Batam. Di MPC PP Kota Batam multi ras, agama, dan suku.


"Kolaborasi dengan yang merayakan. Saling mendukung sesuai agama. Saat ini sedang wabah, kurban kami laksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," ujar Tata.


Ketua MPC PP Kota Batam, Darwin Sijabat mengakui bahwa kurban ini untuk merajut kebhinekaan menjalin persatuan dan kesatuan. 


"Karena kita adalah organisasi Pemuda Pancasila, dalam Pancasila ada Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Itu yang tak bisa dipisahkan dari organisasi yang kami cintai Pemuda Pancasila," ujar Darwin.


Kebhinekaan, lanjut Darwin, anggota PP Kota Batam ada juga beragama lainnya selain Islam. Berhubung momen ini Idul Adha bagi yang beragama Islam, maka dibuat kurban.


 "Di pengurusan baik di Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) banyak juga yang beragama Buddha, akan kita adakan acara Imlek. Begitu juga nanti di acara Nasrani kita buat Natalan," jelas Darwin.


Semua momen keagamaan, kata Darwin, harus dibuat. Tidak ada pilih kasih, karena pada prinsipnya Pemuda Pancasila adalah menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.


Dengan Kebhinekaan ini, kata Darwin, supaya seluruh kader sampai tingkat basis menyatukan hati dan pikiran, serta satu rasa bagaimana supaya arah Pemuda Pancasila semakin bagus ke depan. Paradigma itu harus tetap dikembangkan.


"Harapan terhadap pelaksanaan kurban ini, tetap solid supaya tahun depan dibuat lagi berkesinambungan," imbuhnya (egi)




Berita Terkait

Tidak ada berita terkait