Tanjungpinang

Brigjen TNI Jimmy Ajak Masyarakat Kepri Budidaya Tanaman Holtikultura

Juliadi | Jumat 20 May 2022 20:52 WIB | 2309

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Tanaman hortikultura tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, budidaya tanaman jenis ini menghasilkan beraneka ragam buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan ternyata juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Yang termasuk kedalam jenis buah-buahan hasil budidaya tanaman holtikultura diantaranya seperti tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, pepaya, jambu, pisang, nanas, apel, anggur, dan lain-lain.


Diketahui bahwa di salah satu swalayan di ibu kota Jakarta harga pepaya california bahkan dibanderol hingga menembus harga Rp. 19.000,- s/d Rp. 23.000,- per Kilogramnya.


Dalam situasi Pandemi Covid 19 yang telah selama 2 tahun lebih melanda hampir di seluruh dunia tentu sangat berdampak terhadap ekonomi di dalam kehidupan rumah tangga di masyarakat. Seiring dengan kondisi masyarakat yang sedang bangkit menuju era Endemi budidaya tanaman holtikultura dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk kembali menguatkan ekonomi masyarakat.


Menyadari hal tersebut, Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigadir Jenderal (Brigjen( TNI Jimmy Ramoz Manalu, S. Hub. Int, berharap dan mendorong para Komandan Komando Distrik Militer ( Dandim), Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) dan para Bintara pembina desa (Babinsa) untuk mampu memberikan yang terbaik dalam menjawab Ancaman pangan di tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai Kwartal 2 di tahun 2022 ini.


Sekaligus membantu masyarakat dengan mampu berpikir dan bertindak kreatif dalam menghadapi situasi Covid 19. Hal ini juga sudah menjadi kewajiban sebagai seorang Prajurit yang tertuang dalam 8 Wajib TNI.


Himbauan tersebut ditindaklanjuti melalui Pembuatan lahan demplot ketahanan pangan yang dikembangkan di Korem 033/WP dan Kodim 0317/TBK dengan membudidayakan tanaman Holtikultura yaitu pepaya california dan pisang cavendis.


Selanjutnya pada hari Rabu, (18/5/2022) telah berhasil melaksanakan masa panen untuk budidaya buah pepaya california. Hal tersebut menjadi bukti bahwa TNI AD khususnya Korem 033/WP berserta jajajranya akan terus berupaya untuk menjadi solusi ditengah kesulitan masyarakat prov. Kepri.


Brigjen TNI Jimmy juga menghimbau kepada seluruh prajurit Korem 033/WP untuk selalu pelihara Mentalitas, Kreatif dan Kerja Cerdas untuk membangun Karakter Cerdas ditengah Masyarakat dalam berswasembada Tanaman Hortikultura.


Kemudian Jimmy menekankan kepada para Babinsa di seluruh satuam Kodim jajaran Korem 033/WP untuk Bina Masyarakat di desa-desa atau kampung-kampung dalam membangun Karakter yang mandiri dan mampu memanfaatkan lahan-lahan kosong/tidur di wilayah binaannya masing-masing.


Hal tersebut diharapkan dapat memicu kemandirian masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah prov. Kepri. (*)



Share on Social Media