Batam, News, Kepri

Ratusan Umat Hindu di Batam Rayakan Dharma Santi Nyepi tahun Baru Saka 1946

Egi | Minggu 21 Apr 2024 22:19 WIB | 283

Agama
Hari Raya


Foto bersama dalam kegiatan Dharma Santi Nyepi tahun Baru Saka 1946 (foto:Egi)


Matakepri.com Batam - Umat Hindu di Kota Batam melaksanakan Dharma Santi Nyepi tahun Baru Saka 1946 di Hotel Swissbell Harbourbay Batam, Kepulauan Riau, Minggu (21/4/2024).


Dalam sambutan Walikota Batam yang diwakili oleh Sekda Kota Batam, Jefridin mengatakan, dengan hari Raya Nyepi yang dilaksanakan oleh umat Hindu di Kota Batam, kita berharap semua umat bisa kembali menyucikan diri.


"Sebagaimana, umat muslim baru saja melaksanakan ibadah bulan suci ramadhan dan lebaran Idul Fitri, untuk kembali melakukan kebaikan serta mengoreksi diri agar lebih baik kedepannya," ujar Jefridin.




Lanjutnya, dengan pelaksanaan hari Raya Nyepi ini, masyarakat di Batam senantiasa rukun serta damai dan turut berkolaborasi dalam membangun kota Batam.


"Kiranya bisa mengaplikasikan kehidupan yang lebih baik kedepannya dan menjadi sebuah kekompakan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, khususnya turut ikut membangun yang kini menjadi Kota Batam Baru," bebernya.


Ditempat yang sama, Ketua panitia Dharma Santi Nyepi tahun Baru Saka 1946, I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan, sebelumnya, Hari Nyepi dilaksanakan pada 11 Maret lalu. dan dalam perayaannya bertepatan juga dengan Hari RA Kartini dengan mengambil tema " Sat Cit Ananda Untuk Indonesia Jaya " yang artinya untuk menerangi jiwa manusia bisa jaya dan maju dengan harapan tahun 2024 Indonesia bisa menjadi Indonesia Emas.




"Dengan Sat City Ananda, kita tegaskan persatuan supaya tidak mudah terprovokasi. Perlu disampaikan juga, bahwa puncak rangkaian hari raya Nyepi yaitu Dharma Santi," kata I Nyoman Gede Surya Mataram. 


I Nyoman Gede Surya Mataram yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Kepri juga menyebutkan, saat ini umat Hindu di Kota Batam dan di Tanjungpinang ada sebanyak 950 umat dan pelaksanaan hari Nyepi ini dilaksanakan setiap tahun.


"Perayaan ini setiap tahunnya akan terus kita laksanakan, agar kita semua bisa saling bersilaturahmi. Kemudian di momen ini kita jadikan momen yang tidak pernah berhenti dan sebagai wujud toleransi yang patut kita junjung tinggi," ungkapnya.




Dalam kegiatan ini tampak hadir, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, Kepala DPRD Kota Batam Nuryanto, Anggota DPRD Kepri Asmin Patros, dan Kepala Kejaksaan Negeri Batam I Ketut Kasna Dedi, (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait