Batam

Muhammad Rudi Serahkan 36.826 Bahan Pokok untuk Warga Bengkong

Juliadi | Rabu 05 Aug 2020 12:11 WIB | 2455

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
BP Batam


Kepala BP Batam/Walikota Batam Muhammad Rudi, Rabu (5/8/2020)


MATAKEPRI.COM BATAM - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam /Walikota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan secara simbolis 36.826 paket bahan pokok gratis untuk warga di Kecamatan Bengkong, Rabu (5/8/2020).


Penyerahan bahan pokok ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.


"Ini merupakan bantuan bahan pokok gratis tahap empat. Sebelumnya sudah kita serahkan juga bantuan dari Pemko sebanyak dua kali, Pemprov Kepri sekali dan sekarang ini dari BP Batam," ujar Rudi saat penyerahan secara simbolis di Lytech Home Centre, Bengkong.


Kepala BP Batam/Walikota Batam Muhammad Rudi saat menyerahkan paket sembako kepada warga, Rabu (5/8/2020) 


Untuk anggarannya, bahan pokok ini bersumber dari BP Batam. Sementara dalam penyalurannya, BP Batam menggandeng Pemko Batam untuk menyesuaikan data penerima dan personel di lapangan.


"Kalau sudah satu begini, kita bisa satu jalan. Bisa bersinergi antara BP Batam dan Pemko Batam," ujar Rudi.


Rudi mengungkapkan, secara keseluruhan, bahan pokok gratis tersebut disalurkan ke 12 kecamatan di Batam. Total keseluruhan, ada 284.223 paket bahan pokok. Sebelumnya, beberapa kecamatan sudah menerima bahan pokok yang mulai disalurkan sejak 29 Juli 2020.


"Bahan pokok terbagi dua bungkusan, karung beras dan karton," katanya.


Sesuai data yang ada, isi bahan pokok yang dibagikan berupa beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 1 kilogram, ikan dalam kaleng 425 gram, teh, sirup, dan biskuit. "Dalam penyalurannya, kita menghandeng juga instansi vertikal seperti kejaksaan, kepolisian dan BPKP agar tidak terjadi masalah di lapangan," tuturnya.


Kebijakan Rudi yang memberikan bahan pokok gratis tersebut pun mendapat apresiasi dari warga. Apresiasi tersebut disampaikan warga Bengkong melalui Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sadai, Hadis.


"Mewakili masyarakat Kecamatan Bengkong, kami ucapkan terima kasih kepada Pak Rudi.  Untuk penerima ini, sebelumnya sudah kami lakukan musyawarah agar tepat sasaran," ujarnya.


Bantuan tersebut, kata dia, sangat bernilai bagi warga yang terdampak Covid-19. Ia pun memanjatkan doa agar para pemangku kepentingan di Batam selalu sehat agar warga bisa terus diperhatikan. 


"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga. Apa yang diberikan pemerintah ini sangat meringankan kebutuhan warga," tutupnya. (r/Adi) 



Share on Social Media