Batam

Amsakar Apresiasi Kerja Bersama Tangani Dampak Bencana

Juliadi | Sabtu 09 Jan 2021 20:27 WIB | 1437

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM BATAM - Longsor di Bengkong Pioner RT 06/RW 03, Kecamatan Bengkong merupakan salah satu titik yang disambangi Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dalam kegiatan gotong royong massal, Sabtu (9/1/2021) pagi.


Di lokasi ini, Amsakar bersama Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan. Selain itu, masyarakat setempat dan organisasi masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batam bahu membahu menangani dampak bencana alam tersebut.


"Kita semua berharap langkah bersama ini dapat mengeliminir akibat bencana. Kehadiran kami sebagai bentuk bahwa negara hadir di tengah persoalan yang dihadapi masyarakat," ucap Amsakar.


Ia menyampaikan, warga terdampak longsor telah didata oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), yang selanjutnya akan diberikan bantuan. Sementara penanganan longsornya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) membuat tanah bertingkat serta penanganan darurat menggunakan karung penahan longsor. 


"Penanganan di lapangan merupakan kolektivitas semua jajaran. Atas nama Pemko Batam saya berterima kasih kepada TNI Polri, pemangku kepentingan di daerah, masyarakat, ormas dan lain-lain yang alhamdulillah memiliki rasa berkita yang tinggi membantu sesama yang terdampak bencana," papar dia.


Ia mengimbau, masyarakat tetap waspada terutama yang berlokasi di wilayah rawan bencana. Selain itu, ia mengintruksikan RT RW dengan sigap dan berkelanjutan memantau situasi di lapangan. Lanjut Amsakar, jika ada kasus agar segera dikoordinasikan dengan OPD lini terdepan penanganan bencana seperti DBM SDA, Dinsos PM, Dinas Cipta Karya, Satpol PP, Damkar maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH).


"Perkiraan cuaca seperti sekarang ini, hingga akhir Januari ini belum berakhir. Maka dari itu, tetap waspada dan RTRW, lurah dan camat terus pantau ke bawah dan lakukan koordinasi," harap dia.


Tidak hanya di lokasi ini, Amsakar juga melakukan peninjauan dan terlibat langsung dalam goro di sejumlah kecamatan. Di kecamatan Batam Kota, Amsakar bersama Kapolresta Barelang Kombes Yos Guntur. Secara berturut-turut juga bersafari ke kecamatan-kecamatan lain seperti di Nongsa untuk membersihkan slug oil di Pantai Nongsa.


"Apa yang dilakukan hari ini, agar selanjutnya dapat difollow up tingkat camat, buat kegiatan yang bersifat kontinyu," imbuhnya.


Kepala DBMSDA Yumasnur menyebutkan, longsor di wilayah Bengkong Pioner karena di belakang perumahan warga terdapat tebing tinggi. Untuk menangani persoalan ini, pihaknya menurunkan alat berat ke lokasi.


"Lokasi ini kami benahi. Untuk membantu menahan tanah secara darurat dengan karung goni yang ditumpuk dan kita bikin berterap (tanah bertingkat)," ujar dia.


Tidak hanya di titik tersebut, di Bengkong juga terdapat titik lain. DBM SDA juga melakukan pembenahan. Hal yang sama untuk penanganan bencana di wilayah lain, alat berat milik DBM SDA secara rutin menormalisasi parit untuk mencegah terjadinya banjir. (r/Adi) 



Share on Social Media