Batam

Kenang Jasa Pahlawan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-76 RI Berlangsung Khidmat

Juliadi | Selasa 17 Aug 2021 15:51 WIB | 1308

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-76 Republik Indonesia tingkat Kota Batam dilaksanakan penuh khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bulang Gebang, Batuaji, Selasa (17/8/2021).


Kali ini, Komandan Lanal Batam (Danlanal) Kolonel Laut (P) Sumantri, K.M.M diamanahi sebagai Inspektur Upacara. Acara ini dihadiri langsung  Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.


Selama kegiatan berlangsung, lampu di TMP dipadamkan lalu berganti cahaya obor dan lilin. Tak pelak, suasana hening penuh khidmat sangat terasa. Iringan oleh korps musik (korsik) menambah khidmatnya apel dan renungan tersebut.


Danlanal selaku Inspektur Upacara membacakan pernyataan ikrar. Yang isinya : "Menyatakan hormat sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai Pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa,"


"Kami bersumpah dan berjanji: perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,"


"Kami berdoa: semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa serta mendapat tempat yang sewajarnya. Atas nama yang hadir dalam upacara,"


Selanjutnya, Danlanal memimpin para peserta apel yang terdiri dari TNI Polri, pegawai dari Pemko Batam, hingga Pramuka untuk mengheningkan cipta. Kemudian, para peserta apel juga secara bersama mendoakan para pahlawan.


Saat diwawancarai, Danlanal Kolonel Laut (P) Sumantri, K.M.M menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud bakti kita kepada para pejuang yang rela berkorban untuk negara.


"Semoga kita mengingat kembali perjuangan yang diraih para pahlawan yang telah mendahului kita. Sehingga Indonesia menjadi negara yang berdaulat," ucap Sumantri.


Sementara itu Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyebutkan, apel kehormatan dan renungan suci merupakan kegiatan yang rutin ditaja setiap tahun. Kegiatan ini menggenapi berbagai rangkaian peringatan HUT Republik Indonesia.


"Apel dan renungan ini sudah menjadi tradisi rutin setiap tahun. Penghormatan atas  perjuangan pahlawan kita dan semoga kita dapat mengambil teladan atas perjuangan itu," harap dia.


Lanjut dia, secara umum pelaksanaan kegiatan tersebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, karena masih dalam suasana pandemi dilaksanakan dengan prokes yang ketat.


"Walau demikian, spiritnya sama saja, kegiatan dilaksanakan dengan sangat khidmat," pungkasnya. 



Share on Social Media