Nasional

Wamenhan Sambut Kepulangan WNI dari Ukraina

Juliadi | Jumat 04 Mar 2022 06:06 WIB | 979

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Menteri/Wamen



MATAKEPRI.COM, JAKARTA -- Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Muhammad Herindra, mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menerima kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari wilayah perang Ukraina di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Kamis (3/3/2022) bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi.


Sebanyak 80 WNI dan tiga Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan tersebut. Mereka tiba dengan selamat di Tanah Air sekitar pukul 17.10 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia.


Herindra pada sambutannya mengatakan, bahwa dalam upaya evakuasi ini, Menhan Prabowo selalu berkoodinasi dengan Menlu Retno, serta mengambil langkah diplomasi pertahanan dengan berkomunikasi langsung dengan Menhan Rusia via telepon agar menjamin keselamatan WNI selama proses evakuasi.


“Menhan RI Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya," kata Herindra.


Selain disambut oleh Menlu dan Wamenhan, turut hadir Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani; Sekretaris jenderal (Sekjen) Kemhan, Marsekal Madya (Marsdya) TNI Donny Ermawan Taufanto; Direktur jenderal (Dirjen) Strahan Kemhan, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rodon Pedrason, dan Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar. (***) 



Share on Social Media