Batam

Ayo, ke Jambu Marina Nonton Kuda Lumping Sambil Kulineran

Juliadi | Minggu 19 Jun 2022 09:56 WIB | 1294

Kuliner
Pariwisata
UKM



MATKEPRI.COM, BATAM -- Ayo, ke Jambu Marina siang sampai sore ini, kita nonton kuda lumping (Jathilan), nyambi incip-incip kuliner khas lokal.


Mulai Pukul 09.00 WIB pagi sampai sore nanti, destinasi berbasis masyarakat terdepan di Batam itu bakal mengusung gawe reguler. Namanya Pasar Ndeso Nusantara or biasa disingkat Pasotara. Kata yang punya acara sekaligus pemilik Jambu Marina, Iswahyudi, 16 Usaha Kecil Menengah (UKM) Batam ambil bagian di Pasotara. Sesuai tema, mereka jajakan penganan berbau "ndeso" (desa-red), dengan berbagai varian menu semisal opak mie, seblak, gorengan, pecel, siomay, batagor, bakso bakar, gudeg sampai pentol pedas.


"Gak cuma kuliner, tiapĀ  Ahad, Pasotara tampilkan kuda lumping, persembahan Sri Manunggal Budhoyo (SMB). SMB bakal manggung full team dan menyuguhkan tiga fragmen wajib: tari butho lawas, senterewe dan diakhiri dengan begon putri," urai Iswahyudi, Sabtu (18/6/2022) kemarin di Jambu Marina.


Menurutnya, atraksi kuda lumping atau jathilan, menyerukan ditonton. Apalagi di momen para penari sudah kerasukan. Mereka bisa unjuk kebolehan makan beling, mengunyah kaca sampai berjalan di atas bara atau pecahan kaca. "Sangat menegangkan. Tapi aman, ada pawang. Itu tuh warok yg biasa berkostum loreng merah, putih hitam & berkumis tebal melintang. Jadi kalau ada apa-apa, mereka yang akan handle atau sadarkan para penari."


Anda, yang mau lihat jathilan sekalian nikmati rampai kuliner ndeso, bisa langsung datangi Jambu Marina hari ini. Karcis masuk cuma Rp15.000 per orang. Selain bisa kulineran dan nonton jathilan, Anda dapat juga nikmati berbagai fasilitas Jambu Marina seperti horse ride-menunggang kuda, rice planting hingga nangkap ikan di kolam dengan tarif yang terjangkau. Jangan lupa berselfie-ria di banyak spot fotojenik yang terdapat di banyak titik. Akhiri, dengaan menyeruput jus jambu.



Share on Social Media