Batam

Bhabinkamtibmas Tiban Lama Jadi Narasumber Sosialisasi Penanggulangan Kenakalan Remaja

Juliadi | Senin 04 Sep 2023 11:10 WIB | 420

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri


Sosialisasi di Kelurahan Tiban Lama, Minggu (3/9/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kenakalan remaja di Kota Batam sudah menjamur, maka dari itu Mahasiswa-mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Unrinka memggelar sosialisasi penanggulangan kenakalan remaja dan pertolongan pertama berbasis masyarakat, bertempat di Fasum RT/RW. 02/02 Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekulang, Minggu (3/9/2023). 


Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Lama, Aipda Boy S Panggabean; Babinsa Kelurahan Tiban Lama, Pelda Barmen Samosir; Ketua RW. 02; Agus Hanafi; Ketua RT. 01, Erwan; Ketua RT. 01, Syaifon Chandra; Ketua RT 03, Sucipto; Ketua RT. 04  Safril abbas dan Tim PMI Kota Batam


Tim PMI Kota Batam menyampaikan, praktek pertama pada pendarahan, Pertama kain mitela (kain segitiga), selain itu juga boleh menggunakan kain apapun yang bisa menyerap dara guna untuk menghentikan atau menghambat pendarahan, lalu gunakan plastik atau sarung tangan.


"jangan sampai kontak secara langsung karena darah merupakan penyebab penularan penyakit, untuk pendarahan di dagu," ungkapnya. 


Lanjut penyampaiannya, gunakan rumus 4 huruf TETI yakni, Tekan langsung titik luka dan tinggikan anggota tubuh yang luka. 


"Alat untukmengeluarkan 6 rantai keselamatan, minta bantuan, CPR atau RJp dan alat kejut jantung automatic," ujarnya. 


Ia juga mengatakan, cara untuk melakukan CPR, jangan melakukan CPR pada alas yg lembut, harus yang rata dan keras seperti lantai dan papan. 


"Tangan lurus, kaki di buka selebar bahu, jangan menekan terlalu cepat dan di lakukan 30 kali, setelah itu beri nafas buatan caranya tutup gidung korban buka mulut dan jangan biarkan ada sela untuk memasukkan nafas dan jangan terburu-buru, dan lihat dada apakah naik atau tidak. Setelah itu jika belum sadar lakukan CPR lagi," tuturnya. 


Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Lama, Aipda Boy S Panggabean yang menjadi narasumber mengatakan, kenakalan remaja, orang tua agar menjaga anaknya agar terhindar bullying, penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan meminum minuman keras.


"Para orang tua diharapkan dapat mengawasi anak-anaknya terhindar dari hal tersebut kita ketahui bahwa seks bebas banyak terjadi di kota batam kita," ungkap Boy. 


Boy berharap, dengan adanya sosialisasi, agar para orang tua agar menjaga anak-anaknya, bila ada perilaku menyimpang agar dibina dan jika melawan agar diberitahu kepada RT dan RW setempat dan jika masih melakukan laporkan ke Polsek terdekat atau Bhabinkamtibmas di RW tersebut.


"Kepada anak-anak remaja, saya pesan agar sesama mari kita jaga kondusifitad kota batam

bersama kita bisa," ujar Boy. 


Terpisah saat dikonfirmasi, Senin (4/9/2023) Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang, Zompol Zainal Abidin Christopher Tamba, S.H mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi kenakalan remaja di lingkungan masing-masing. 


"untuk para orang tua juga dapat mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan," tutup Kompol Tamba. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media