Batam, News, Kepri

Kembangkan Industri Kepariwisataan, DPD PUTRI Kepri Dukung Program Pemerintah

Egi | Minggu 28 Mar 2021 14:16 WIB | 910

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Foto bersama DPD PUTRI Kepri dengan Kepala Dinas Pariwisata (Foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Irfan Syakir Widyasa dipilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kepri, masa bakti 2021-2026 dan secara resmi dikukuhkan.


Prosesi pengukuhan pengurus dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepri, Buralimar disaksikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.




Ketua Irfan Syakir Widyasa mengatakan, PUTRI merupakan sebuah wadah perjuangan kepentingan bersama para pengelola usaha-usaha Taman Rekreasi, yang mana para pengusaha-pengusaha tersebut turut berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan industri kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat. 


"Peran PUTRI sebetulnya menciptakan destinasi yang niatnya tidak hanya memberikan kontribusi besar kepada wisatawan, namun juga memberikan kontribusi kesejahteraan bagi masyarakat. Selain itu memberikan support kepada masyarakat untuk terus terlibat di bidang kepariwisataan," ujar Irfan di Lantai 5 Gedung Graha Kepri, Batam, Sabtu (27/3/2021).


Lebih lanjut dikatakannya, saat ini yang telah tergabung menjadi anggota PUTRI adalah taman rekreasi - taman rekreasi yang sudah memiliki nama besar dan telah lama eksis di Indonesia, diantaranya Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Borobudur, Jatim Park dan Taman Safari.


"Dengan terbentuknya PUTRI di Kepri ini, bisa menambah kuantitas destinasi wisata di Kepri, tanpa harus menghilangkan kualitas dari tempat rekreasi tersebut," harapnya.




Terkait dengan kualitas tempat rekreasi, Irfan mengatakan wisatawan domestik dan juga mancanegara pasti mempersyaratkan standar-standar yang lebih tinggi, termasuk standar kesehatan. 


Maka dari itu lanjutnya, dia mengharapkan kepada pengelola taman rekreasi untuk secepat mungkin mempersiapkan seluruh kelengkapan yang akan diperlukan.


Kemudian, pihaknya juga akan mendukung seluruh program- program pemerintah, dan juga siap berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan wisata di Kepulauan Riau.


"Kami memiliki mimpi besar, dalam lima tahun kedepan dengan adanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah baik provinsi, kabupaten/kota dan juga BP Batam, kami optimis Kepri bisa menjadi kota nomor 1 tujuan wisatawan di Indonesia," bebernya.


Lanjutnya, sebagai pembanding pihaknya mengambil rujukan dari negara tetangga Malaka di Malaysia. Dikatakannya, jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut berjumlah lebih kurang 20 juta pertahunnya.


"Saat ini kunjungan wisatawan ke Kepri berjumlah 2,8 juta pertahun dan berada diposisi kedua setelah Bali yang berjumlah 6,3 juta pertahun. Mudah-mudahan dengan kerja keras yang akan kita lakukan, Kepri bisa tembus 7 juta kunjungan wisatawan, dan akan mengantarkannya menjadi kota nomor 1 di Indonesia," imbuhnya.


"Saya yakin asal seluruh komponen di Kepri bisa saling bersinergi, impian tersebut akan terwujud. Kuncinya, dengan cara Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Garap Semua Potensi dan Lokasi (Gaspol)," tuturnya.


Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepri, Buralimar menyambut baik atas hadirnya PUTRI di wilayah Kepri. 


Dia mengatakan, jika berpandangan dengan konsep pariwisata di era New Normal (Normal Baru), nantinya akan menjadikan kepariwisataan di daerah setempat menjadi lebih berkualitas.


"Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, akan terus memberikan dukungan kepada insan pariwisata di Kepri, untuk terus bangkit dari keterpurukan akibat adanya pandemi virus corona. Mari kita jadikan Kepri sebagai kota tujuan wisatawan di Indonesia," pungkasnya, (egi)




Share on Social Media