Batam, News, Kepri

Disperindag Batam: BBM Jenis Premium Tidak Langka Kalau Kendaraan Pelangsir Tidak Ada

Egi | Rabu 06 Oct 2021 18:28 WIB | 1509

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Jerigen yang digunakan pelangsir tampung BBM jenis Premium (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam dan Pertamina kembali gagalkan pengisian BBM jenis Premium oleh Pelangsir di SPBU Tanjung Riau pada Rabu (6/10/2021).


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, awalnya kita mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di SPBU Tanjung Riau terdapat antrian yang panjang.


"Adanya informasi tersebut, petugas mendatangi ke SPBU Tanjung Riau, dan benar terdapat mobil-mobil yang tankinya sudah dimodifikasi ikut antri pengisian BBM," ujar Gustian Riau.


Lanjutnya, kita juga mendapat keluhan dari masyarakat Kota Batam bahwa BBM jenis Premium langka di Kota Batam.




"Sebenarnya di Kota Batam ini BBM jenis Premium ini tidak langka, kita baru menggunakan 55.000 KL, sementara 88.000 KL lagi Biodiesel," bebernya.


Mengapa BBM Premium langka di Batam?, ternyata disetiap SPBU di Batam sering terdapat pelangsir yang antri dengan mobil yang tangkinya sudah dimodifikasi.


"Untuk mengatasi kelangkaan dan antrian BBM jenis premium di setiap SPBU Kota Batam, kita minta petugas Pertamina untuk melakukan pengawasan langsung, dan kita minta juga untuk melakukan pencatatan Nopol kendaraan yang digunakan," bebernya.


"Jadi, siapa saja yang ikut antri pengisian BBM jenis Premium, akan kita catat Nopol nya. Kalau terdapat yang bolak-balik ikut pengisian, maka tidak diperbolehkan lakukan pengisian BBM," sambungnya.




Dari pengakuan salah seorang pelangsir yang sempat ditanyai oleh petugas mengatakan, mereka ikut antri BBM jenis Premium ini, nanti akan ada penadahnya juga.


"Setelah diisi penuh BBM jenis Premium ini, mereka akan antarkan ketempat penampungannya atau ke penadahnya. Itu yang saat ini masih kita dalami. Namun tidak semua pelangsir juga yang seperti itu," tuturnya.


Gustian Riau juga mengatakan, saat ini SPBU di Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan sekarang ini tidak ada lagi BBM jenis Premium.


"Alhamdulillah kita di Kota Batam ini masih ada pasokan BBM jenis Premium ini," ungkapnya.


Setelah kita dari Disperindag Kota Batam mendudukkan permasalahan ini dengan pelangsir BBM, mereka semua tadi sudah paham dan mengerti apa yang kita sampaikan.


"Kita harapkan kedepannya di Kota Batam tidak ada lagi pelangsir BBM yang membuat BBM jenis Premium cepat habis," pungkasnya, (egi)





Share on Social Media