Batam

Siap Disewakan, BP Batam Pastikan Ruangan di Asrama Haji Setril dan Aman

Juliadi | Rabu 20 Oct 2021 15:00 WIB | 1297

BP Batam



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Badan Pengusahaan Batam berkomitmen untuk menjaga ruangan Asrama Haji dalam kondisi steril dan aman. Beberapa upaya upaya dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan kebersihan ruangan dapat dinikmati kembali bagi para penyewa.

 

Sehubungan dengan berakhirnya masa terpadu bagi pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) di Asrama Haji, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam melaksanakan penyemprotan disinfektan di area Asrama Haji Batam Center, Senin (18/10/2021) siang.

 

General Manager Unit Usaha Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman, Herawan, mengatakan kegiatan pencegahan ini dilakukan di Gedung Raudhah, Shafa, Marwah berikut area selasar dan area manasik haji. Sarana pendukung seperti kamar, bangku taman, kursi tamu, dan area terbuka lainnya juga dilakukan penyemprotan secara maksimal.

 

Herawan mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut dilaksanakan secara bertahap dengan dukungan dari RSUD Embung Fatimah.

 

“Tapi kami juga melakukan penyemprotan secara mandiri. Dan ini adalah disinfektan yang ketiga kali kami lakukan, mengingat kondisi Asrama Haji saat ini sudah kosong total,” ujar Herawan.

 

Selain menyemprotkan disinfektan, sesuai dengan program yang ada, BP Batam juga telah mengganti 387 tempat tidur baru untuk menambah kenyamanan dan keamanan calon tamu yang akan menginap di Asrama Haji.

 

Meski sempat dijadikan sebagai Instalasi Gawat Darurat (IGD) sementara karena jumlah yang digunakan pasien di IGD RSUD Embung Fatimah, penggunaan itu sendiri dikatakan tidak ada pengembangan bagi pasien OTG, meskipun sudah disiapkan baik ruangan, tempat tidur, oksigen dan ruangan khusus yang disediakan hari.

 

“Fasilitas tersebut tidak dapat digunakan seiring menurunnya jumlah pasien Covid-19 saat itu. Sehingga seluruh sarana-prasarananya dikembalikan ke RSUD Embung Fatimah,” jelas Herawan.

 

Adapun proses penyemprotan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menyewa kegiatanula Asrama Haji, baik pernikahan, rapat, atau pertemuan lainnya.

 

“Dengan status Batam yang saat ini PPKM Level 2 sesuai Surat Edaran Walikota Batam, sudah banyak masyarakat menanyakan ketersediaan untuk disewakan. Saat ini kami berupaya optimal untuk memastikan kenyamanan dan keamanan calon tamu Asrama Haji, agar ruangan yang ditempati nantinya steril dan aman dari Covid-19,” pungkas Herawan.

 

disinfektan ini, Herawan berharap para calon tamu maupun penyewa tidak lagi merasa khawatir dan dapat melangsungkan kegiatan dengan nyaman di Asrama Haji Batam Center.

 

Ia juga berpesan untuk menjaga menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk mencegah penularan Covid-19 di Batam. (r/Adi)



Share on Social Media