Batam

Rudi Dampingi Menhub dan Menko Marves Bangun Dua Pelabuhan Canggih di Batam

Juliadi | Senin 24 Jan 2022 17:24 WIB | 1046

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi, mendampingi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menvas) Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, meninjau lokasi New Port Batam, di Tanjungpinggir, Sekupang, Senin (24/1/2022).


Di lokasi tersebut, Luhut, berkolaborasi bersama Menhub RI akan membangun dua pelabuhan di Batam. 


"Satu di sini, dan kemungkinan yang kedua di daerah Kabil," kata Luhut.


Dua pelabuhan yang akan di bangun di Batam ini mempunyai perbedaan. Yang di Kabil akan menjadi pelabuhan dalam negeri yang di Tanjungpinggir, pelabuhan internasional.


"Di sini (Tanjungpinggir) nanti akan menjadi pelabuhan great smart port, sedangkan satunya nanti akan dijadikan pelabuhan dalam negeri," lanjut Luhut.


Menurutnya lokasi untuk New Port itu sudah sangat bagus dan dikiranya sudah sangat sesuai.


"Ini lokasinya sudah sangat baik. Karena hanya berj.arak ratusan meter kita sudah dapat kedalaman laut kira-kira 30 meter," jelasnya.


Ia berharap pelabuhan yang diperkirakan lebih besar dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ini betul-betul terjadi.


"Proses reklamasinya di belakang kira-kira 94 hektare dan di depan 30 hektare. Ini satu pelabuhan nanti lebih besar dari Priok," sambung Luhut.


Ia melanjutkan bahwa pihaknya akan menjadikan 10 pelabuhan besar di Indonesia. Salah satunya pelabuhan Batam yang sekarang lagi ditinjaunya. "Kita harus ciptakan seefesien mungkin," tegasnya.


Pada kesempatan yang sama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan pihaknya ikut bersama dengan menteri Kemaritiman dan Investasi itu menyukseskan pembangunan ini.


Menurutnya lokasi pelabuhan yang akan dibangun di Tanjungpinggir Batam sudah sangat strategis sekali.


"Tempatnya sudah sangat strategis, kita targetkan tahun 2024 pelabuhan ini sudah beroperasi," tutupnya. 



Share on Social Media