Batam

Kuatkan Pasar di Ceruk Domestik, Disbudpar "Jualan" Batam ke Jakarta

Juliadi | Selasa 01 Mar 2022 19:18 WIB | 1854

Kuliner
Pariwisata
UKM


Direktur Eksekutif BTBP, Edi Sutrisno, memberikan cinderamata kepada Kadisperindag DKI Jakarta, Ir. Elisabeth R Rante Al


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Sadar pandemi belum menunjukkan tanda-tanda mereda, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dishudpar) Kota Batam terus pertajam konsentrasi di ceruk domestik. Bertandem dengan Batam Tourism and Promotion Board (BTPB) Disbudpar jemput bola, "jualan" Batam ke Jakarta.


Selama enam hari berturut-turut, Selasa-Minggu (1-6/3/2022), Disbudpar dan BTPB ikut ambil bagian dalam Pameran Produk Kreatif, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pariwisata, Investasi dan Bisnis yang digelar oleh MDP Organizer di Mall@Bassura, melebur bersama 15 participants lain dari berbagai daerah di Indonesia.


Tak menyia-nyiakan momen di helatan ini, seperti dituturkan Direktur Eksekutif BTPB Edi Sutrisno, seluruh amunisi pariwisata Batam digotong dengan titik penguatan pada sport tourism, craft dan MICE.


Goal gedenya, memastikan Batam dalam top of mind dan ngajak warga ibu kota serta pengunjung pameran pelesiran ke Batam.


"Kita edukasi orang ihwal Batam sebagai sentra bagi sport tourism, terutama golfing. Maka kita bawa ke sini Saudari Dian Ariati, perwakilan dari Persatuan Golf Indonesia (PGI) Batam. Agar bisa jabarkan tentang Batam yang selama ini dikenal sebagai golf paradise-nya para golfer domestik dan internasional," urai Edi.


Di ranah craft, lanjut Edi, perwakilan Deskranada Batam Sugeng Widigdo terjun langsung membawa batik Batam dari berbagai motif mulai dari batik gonggong hingga motif ikan marlin. Tak ketinggalan rampai tenun khas Batam hasil tangan terampil para pengrajin di Pulau Ngenang dan Seipanas.


Kadisbudpar Kota Batam, Drs. Ardiwinata menggarisbawahi, promo Batam ini adalah bagian integral dari program regular Disbudpar untuk membranding Batam di segmen pasar dalam negeri.


"Nanti, segera saja ketika border sudah benar- benar open, kita juga melakukan langkah serupa, promo ke Singapura dan Malaysia. Dua jiran itu kontributor ajeg wisman kita. Maka kita akan perkuat branding di dua tetangga dekat kita itu," sebutnya.


Sementara, untuk memantik atensi pengunjung, stand Batam yang terletak di tengah-tengah area pemeran, sengaja di-creat unik dan atraktif.


"Kita juga sudah siapkan dua Encik dan Puan Duta Wisata Batam dengan baju khas Melayu, untuk menjagai stand kita," pungkas Ardi.



Share on Social Media