Batam, News, Olahraga, Kepri

Jelang Kejurnas Piala Presiden 2022, Pengprov Wushu Kepri Gelar Sparring Atlet

Egi | Selasa 30 Aug 2022 12:16 WIB | 832

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM BATAM – Jelang Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden RI tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada 16-23 September 2022 di Jawa Timur, Pengurus Provinsi Wushu Indonesia Kepulauan Riau melaksanakan seleksi penjaringan atlet terbaik Wushu.


Sebanyak puluhan atlet Wushu Sanda Kepri yang berasal dari Pengurus Kota dan Pengurus Kabupaten (Pengkot/ Pengkab) se Kepri, mengikuti seleksi yang dilaksanakan di Mall Botania 2 Batam, Minggu (28/8/2022).


Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Wushu Indonesia Kepulauan Riau, Yakop Sutjipto mengatakan seleksi ini dilaksanakan terkesan dadakan. Hal itu dikarenakan keterlambatan undangan pemberitahuan Kejurnas yang diterima pihaknya dari pihak penyelenggara.


"Karena pemberitahuannya mendadak, makanya kita hanya membuat sparring atlet saja," ungkap Yakop saat ditemui usai pertandingan.


Lebih lanjut dia mengatakan, ada tiga kelas pertandingan yang dipertandingkan saat seleksi tersebut. Pertama, pihaknya mempertandingkan Kelas Senior, baik putra maupun putri.


Selanjutnya, Kelas yang dipertandingkan yakni Kelas Junior Putra dan Junior Putri. Dan, terakhir pertandingan Kelas Pra Junior Putra dan Putri.


"Sparring ini kita lakukan hanya sehari saja. Menurut analisa saya, ada sekitar belasan atlet yang berkesempatan mewakili Kepri di Kejurnas Wushu Piala Presiden bulan September mendatang," jelasnya.


Pihaknya berharap, kepada pelatih yang atletnya lolos ketahap selanjutnya bisa mempersiapkan sebaik-baiknya atlet-atletnya, yakni dengan menambah jadwal latihannya.


"Saya minta kepada para pelatih, disisa waktu yang tidak terlalu lama ini agar menambah jadwal latihannya para atletnya," harapnya.


Masih menurut Yakop, pihaknya merasa sangat optimis atlet-atlet terbaik Wushu Kepri bisa meraih juara di Kejurnas nanti. Asalkan, para atlet-atlet tersebut rajin untuk terus berlatih.


"Saya yakin atlet Wushu Kepri akan mengharumkan nama Kepri dikancah nasional," ucapnya dengan penuh optimisme.


Senada, Ketua Pengurus Wushu Indonesia Kota Batam, Tan A Tie menambahkan dalam mempersiapkan atlet untuk mengikuti ajang Kejuaraan Nasional merupakan kewenangan dan tanggung jawab Pengurus Provinsi. Pihaknya di Batam hanya memfasilitasi tempat untuk melaksanakan sparringnya saja.


"Kalau Kejuaraan Nasional, itu merupakan tanggung jawab Pengurus Provinsi untuk melakukan seleksi atlet yang akan dikirim. Kami di Batam sifatnya hanya memfasilitasi tempatnya saja," ujar Tan A Tie saat ditemui dibilangan Batam Center.


Tan A Tie yang juga sebagai anggota DPRD Batam optimis atet-atlet Wushu yang berasal dari kota dan kabupaten yang ada di Kepri yang telah mengikuti sparring atlet ini, merasa yakin bisa mendapatkan juara.


"Kualitas atlet-atlet kita tidak kalah hebatnya dari atlet-atlet dari daerah lainnya. Ini menjadi modal yang sangat baik untuk kita bisa meraih juara di kancah nasional," harapnya.


Selain itu, pihaknya berharap kepada pemerintah daerah, supaya memberikan penghargaan kepada atlet-atlet yang telah berhasil meraih juara dan mengharumkan nama Kepri diajang-ajang bergengsi lainnya, baik nasiinal maupun internasional.


"Atlet-atlet yang berprestasi wajib hukumnya kita berikan penghargaan. Hal itu sebagai bentuk perhatian kita atas prestasi yang diraihnya," pungkasnya.(***) 



Share on Social Media