Batam, Ekonomi

Sektor Mesin dan Elektronik Masih Jadi Primadona Bagi Investor

Juliadi | Senin 08 May 2023 13:21 WIB | 682

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wali Kota/Wakil Wali Kota
BP Batam
Investasi
Ekonomi & Bisnis


Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Peningkatan jumlah proyek investasi, baik proyek asing maupun dalam negeri, hal tersebut menjadi komitmen Badan Pengusahaan (BP) Batam. 


Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, mengatakan, jumlah proyek untuk Foreign Direct Investment (FDI) atau Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam meningkat dengan persentase 100,97 persen.


Lanjut dikatakannya, kuartal pertama tahun 2023, peningkatan jumlah proyek PMA menjadi 826 atau lebih banyak 415 proyek jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu, untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) naik drastis dengan persentase mencapai 200,42 persen atau sebanyak 1.418 proyek pada kuartal pertama (Januari-Maret) ini.


"Saya Optimistis nilai investasi sepanjang tahun 2023 akan terus meningkat," ungkapnya. 


Menurutnya, dari data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI realisasi investasi pada Triwulan I 2023, dimana, realisasi investasi mencapai Rp 328,9 triliun atau meningkat 16,5 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.


"hal ini tak terlepas dari sumbangsih realisasi investasi di Kota Batam," ucapnya.


Ia juga menyampaikan, ketiga sektor tersebut adalah industri mesin dan elektronik. Lalu, industri makanan serta industri properti dan perumahan. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media