Batam, Pendidikan

Jefridin Ingatkan Kepala Sekolah Laksanakan PPDB Sesuai Ketentuan

Juliadi | Rabu 07 Jun 2023 14:22 WIB | 572

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Pendidikan



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam memimpin rapat persiapan PPDB  di Gedung Gurundam, Rabu (7/6/2023). 


Ia mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun ini harus lebih dari tahun sebelumnya. 


"Saya yakin Kepala Sekolah SMP Negeri sudah mempersiapkan dengan baik, ” ungkap Jefridin. 


Lanjut dikatakannya, jadwal jalur afirmasi 12 sampai 14 Juni 2023 dan Kepala Sekolah agar dapat menginformasikan serta menjelaskan pendaftaran PPDB jalur afirmasi tersebut. 


"Untuk pendaftaran PPDB jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua baru akan dilaksanakan pada 15 sampai 19 Juni 2023," ujarnya.


Menurutnya,  jalur afirmasi ini merupakan jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dengan menyertakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah. 


"Ini harus Bapak/Ibu jelaskan kepada orang tua dan informasi ini bisa disampaikan melalui WhatsApp grup dan sampaikan kepada komite bahkan ke Lurah,” tegas Jefridin.


Dikatakannya juga, jalur afirmasi saat PPDB kuota 15 persen dari daya tampung sekolah. 

Orang tua juga harus membuat surat pernyataan yang menyatakan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti keikutsertaan keluarga tidak mampu tersebut. 


“Di cek betul-betul, jangan sampai kita salah. Untuk itu panitia yang berada di sekolah selama PPDB berlangsung harus benar-benar paham dan menguasai terkait aturan PPDB ini. Jika ada yang bertanya berilah jawaban sesuai ketentuan. Jangan memberi janji-janji,” katanya.


Untuk pendaftaran PPDB dapat dilakukan melalui website resmi Dinas Pendidikan Kota Batam https://ppdbbatam.id. Pengumuman penerimaan PPDB akan dilaksanakan pada 22 Juni 2023. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media