Batam

Sajian Kuliner Khas Melayu di Event KSM ke-25

Juliadi | Kamis 15 Jun 2023 01:15 WIB | 573

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kuliner
Pariwisata



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Event Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-25 Kota Batam menjadi rangkaian Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Batam itu menampilkan kesenian nusantara hingga mancanegara, di Area Parkir Kawasan Harbourbay Kota Batam, Rabu (14/6/2023) malam.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengaku suksesnya KSM ke-25 ini tak lepas dari peran semua pihak termasuk para seniman hingga budayawan.


"Terima kasih atas dukungan semua pihak, negara Myanmar merupakan negara pertama kali terlibat KSM," ungkap Ardi.


Lanjut dikatakan Ardi, 50 orang tampil pada pembukaan KSM ke-25. KSM menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu seperti musik, tari, membaca puisi, berpantun, dan permainan rakyat yang dikemas dalam panggung pentas yang menarik dan menghibur. 


"Ada penampilan Joget Dangkong juga diawali dengan mendendangkan lagu Dondang Sayang. Adapun, para penarinya berkelompok yang kemudian ketika tampil membentuk lingkaran, yang berarti sebuah perkenalan kepada penonton. Adapun, alat musik yang mengiringinya yakni satu buah gendang tambur, biola, dan akordion," tuturnya. 


Dikatakannya juga, selain penampilan ada juga stand bazar kuliner dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam yang ikut meramaikan KSM 2023, salah satu tenant kuliner nanti akan menawarkan kuliner khas Melayu, seperti lendot, putu piring, mie sagu dan sebagainya. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media