Tanjungpinang

Bangkit Pasca Pandemi, Kemenkumham Canangkan kepri sebagai Wilayah IP and Tourism 2023

Juliadi | Minggu 18 Jun 2023 12:30 WIB | 1107

Menteri/Wamen
Pariwisata
Kemenkumham


Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H. Laoly, Sabtu (17/6/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H. Laoly menyebut pariwisata menjadi sektor yang paling dirugikan Covid-19 hampir di seluruh negara. 


Untuk mengembalikan geliat pariwisata Indonesia, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) kemenkumham RI mencanangkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai wilayah IP Tourism 2023.


“Pencanangan ini diharapkan merangsang pemanfaatan kekayaan intelektual yang berpotensi membantu pemulihan ekonomi nasional bagi sektor pariwisata yang saat awal pandemi menjadi sektor yang paling terpuruk,” ujar Yasonna, dalam sambutannya, Sabtu (17/6/2023) di Gedung Daerah Tanjungpinang. 


Lanjut dikatakannya, IP and Tourism merupakan salah satu Project World Intellectual Property Organization (WIPO) yang awalnya merupakan inisiatif dari beberapa negara berkembang dalam rangka mendukung upaya penguatan kesadaran akan pentingnya ekosistem KI di negara-negara anggota WIPO pada 2016. 


Menurutnya, berdasarkan dokumen Boosting Tourism Development through Intellectual Property (WIPO dan UNWTO 2021), keterlibatan kekayaan intelektual dalam pariwisata dapat menambah nilai layanan dan produk kepariwisataan. 


Ia juga mengatakan, dokumen tersebut menjelaskan bahwa perpaduan keduanya telah dilakukan banyak negara, termasuk Gambia yang membuat merek kolektif usaha mikro kecil menengah (UMKM) bernama Association of Small Scale Enterprises inTourism (ASSERT) untuk layanan dan produk lokalnya yang berhubungan dengan turisme. Merek tersebut sanggup menjawab tantangan-tantangan sektor kepariwisataan di Gambia. 


Dikatakannya, tahun ini, Kemenkumham juga menetapkan 2023 sebagai Tahun Merek Nasional. 


Merek disebut Yasonna sangat cocok untuk membangun citra kepariwisataan lokal karena dapat dimasukkan dalam strategi promosi dan sekaligus meningkatkan rasa cinta serta bangga pada produk lokal.


“Marilah kita sama-sama mensukseskan Tahun 2023 sebagai Tahun Merek dengan Membangun Kesadaran Cinta dan Bangga Merek Indonesia melalui dukungan atas program dan kegiatannya. Salah satu upaya dalam menggemakannya melalui Project IP and Tourism mengingat daya tarik atas suatu produk atau wilayah juga dapat berdasarkan kekuatan branding,” ungkap Yasonna.


Di sisi lain, Direktur Jenderal Kekayaan IIntelektual, Min Usihen menjelaskan, Kepulauan Riau dipilih karena memiliki potensi wisata yang kuat dan dinilai dapat menjadi tujuan wisata besar berikutnya setelah Bali. Keindahan alam Kepulauan Riau didukung oleh potensi keragaman kekayaan intelektual masyarakat setempat. 


"Kepulauan Riau dipilih karena letak geografisnya yang strategis, juga memiliki potensi wisata yang meliputi obyek wisata bahari, terdapat 46 cagar budaya, kawasan agrowisata, wisata olahraga, seni dan budaya serta ragam kuliner khas," terang Min. 


Selanjutnya Min menyebutkan bahwa salah satu KI khas Kepulauan Riau adalah indikasi geografis Salak Sari Intan. Buah salak ini memiliki keunggulan rasa manis, daging buah tebal,tidak sepat walaupun buah masih muda, dan sangat harum.


Lanjut dikatakannya, Kepri juga memiliki 188 surat pencatatan kekayaan intelektual komunal yang unikdan berpotensi mendorong perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah potensi warisan kekayaan budaya dan sejarah serta potensi pariwisata perairan Pulau Penyengat.


“Salah satu yang menarik dari Kepri adalah Pulau Penyengat. Sangat penting menjaga warisan budaya di sini sebab konon merupakan tempat cikal bakal Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Pulau Penyengat merupakan warisan sejarah dari tiga kerajaan yang ada diwilayah Kepulauan Riau yaitu Kerajaan Riau, Lingga, dan Pahang,” pungkasnya.


Pada acara ini, Menkumham juga memberikan penghargaan di bidang sastra kepada Raja Ali Haji, pencipta gubahan Gurindam 12 asal Pulau Penyengat yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Indonesia atas jasanya di bidang bahasa. 


Yasonna juga menyerahkan penghargaan lain untuk sastrawan Hasan Junid dan sejarawan Rida K. Liamsi atas kontribusi besar merekadi bidang sejarah dan sastra.


Yasonna juga menyerahkan sertifikat merek kolektif pada Sentra Industri Kerupuk Selekop Bintan Timur dan Kain Tenun Laksamana. Salak Sari Intan juga telah resmi mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Yasonna. 


Melalui program IP and Tourism 2023, DJKI menggelar sosialisasi KI dan penyediaan fasilitaskonsultasi KI secara langsung (Mobile IP Clinic) serta pameran UMKM berbasis KI di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu-Minggu (17-18/6/2023). (Ril) 


Reda: ZB



Share on Social Media