Batam, Hukum & Kriminal

Reskrim Polsek Bengkong Berhasil Selamatkan Belasan CPMI Ilegal di Perumahan Golden Prima

Juliadi | Kamis 03 Aug 2023 21:56 WIB | 663

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Hukum & Kriminal
TNI/Polri


Belasan CPMI ilegal yang berhasil diselamatkan Polsek Bengkong, Senin (1/8/2023) kemarin. Foto: Ist


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Unit Reserse kriminal (Reskrim) Kepolisian sektor (Polsek) Bengkong menggerebek sebuah rumah yang diduga menjadi lokasi penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal di Perumahan Golden Prima Blok E Nomor 23, Tanjungbuntung, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Senin (1/8/2023) kemarin.


Kapolsek Bengkong, AKP Muhammad Rizqy Saputra, STK, SIK., M.Si mengatakan, dalam penindakan ini, sekitar 11 CPMI yang akan diberangkatkan ke Singapura berhasil diselamatkan. 


"Kita juga amankan dua orang yang menjadi pengurusnya dan telah di tetapkan menjadi tersangka, inisial YU (37) seorang perempuan, dan AR (50) seorang laki-laki," ungkap Rizqy, kepada awak media, Kamis (3/8/2023). 


Rizqy juga mengatakan, pengungkapan ini dilakukan berawal adanya informasi yang didapat pihaknya terkait dugaan orang perseorangan yang melaksanakan atau penempatan PMI ilegal.


Lanjut dikatakannya, unit Reskrim yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Anwar Aris, SH, langsung melakukan penyelidikan lapangan dan setelah dilakukan pemantauan di rumah yang dicurigai, akhirnya rumah tersebut didatngi dengan melibatkan sekuriti dan perangkat RT/RW setempat.


"Saat rumah didatangi, ditemukan adanya belasan perempuan yang diduga akan dijadikan sebagai PMI. Setelah dilakukan pengecekan, tidak ditemukan adanya dokumen-dokumen resmi sebagai penyalur PMI ke luar negeri, dan dipastikan bahwa penampungan tersebut ilegal," ujar Rizqy. 


Selain belasan CPMI, juga terdapat dua pengurus yang tinggal di rumah tersebut. Kedua pengurus dan para CPMI langsung dibawa ke Mapolsek Bengkong untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.


"Setelah dilakukan gelar perkara, dua pengurus tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka juga sudah ditahan di Mapolsek Bengkong," tambahnya.


Sementera Aris menjelaskan, hasil pemeriksaan yang dilakukan, dua pengurus tersebut memiliki peran masing-masing. Untuk tersangka YU bertanggungjawab mengawasi para CPMI. Sedangkan AR merupakan pemilik rumah dan juga bertugas menjemput CPMI ke Bandara Hang Nadim saat tiba di Batam.


"AR juga telah benyak mengirim CPMI untuk bekerja ke Singapura melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre. Para CPMI itu berangkat ke Singapura menggunakan pasor pelancong," jelas Aris.


Sejauh ini, pihaknya masih terus melakukan penyidikan untuk mengembangkan mencari siapa saja yang terlibat dalam jaringan ini.


"Kita masih terus kembangkan untuk mencari orang yang merekrut para CPMI ini. Belasan CPMI itu berasal dari berbagai daerah di  Indonesia, seperti dari Jawa, Sulawesi dan daerah lainnya," tutup Aris.


Kedua tersangka dijerat Pasal 81 jo Pasal 83 UU Ri Nomor 18 Tahun 2017 tentang PerlindunganPekrjaMigran Indonesia sebagaimana diubah dengan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja jo Psal 55 Ayatv (1) KUHP dengan ancaman hukuman penjara 10 tahun dan denda paling banyak RP 15 miliar. (**/Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media