Batam, News, Kepri

Tingkat Curah Air Hujan Tinggi, Plafon Ruang Tunggu Bandara Hang Nadim Batam Roboh

Egi | Kamis 23 Nov 2023 20:34 WIB | 313

Bandara/Pelabuhan


Tangkapan layar air hujan turun dari atap dan masuk ke ruang tunggu Bandara Hang Nadim Batam (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Plafon Bandara Internasional Hang Nadim Batam jebol setelah hujan yang mengguyur Kota Batam pada Kamis (23/11/2023) siang. 


Berdasarkan foto dan video yang beredar di media sosial, air terlihat masuk dari plafon yang jebol di koridor ruang tunggu A7 dan A8, yang menghadap langsung ke parkir pesawat. Terlihat air menggenangi lantai bandara dan membasahi beberapa perangkat komputer. 


Selain itu juga terlihat air menggenangi ruang tunggu bandara persis dihadapan kafe bertuliskan Food Arcade. Selain itu, disisi kanan terdapat banner besar bertuliskan “Under Construction” dan disisi kiri terdapat deretan kursi tunggu. 


Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, air yang masuk bukan melalui atap yang jebol, melainkan pipa sambungan air yang tidak mampu menampung debit air hujan, mengingat usia pipa sudah 30 tahun. 


"Bukan atapnya yang jebol ya, tetapi air hujan sudah tidak tertampung lagi oleh sambungan pipa air. Hujannya memang sebentar tapi debit air yang turun tinggi sekali. Atapnya juga memang sudah tua," kata Pikri. 


Lanjutnya, air yang masuk tidak mengenai penumpang karena ruang tunggu tersebut sedang di renovasi. BIB sudah memasang garis pembatas berwarna merah agar penumpang tidak mengakses ruang tunggu tersebut. Pemugaran dilakukan dengan mengganti atap, siling atau langit-langit dan lantai. 


"Biasanya atap bocor saat hujan, sebagian bangunan juga kita tutup dan sebagian tetap kita buka, karena kita sedang renovasi. Untuk domestik sebagian juga kita buka," bebernya


Pikri menyebutkan, renovasi akan selesai pada bulan April 2024 mendatang, sehingga penumpang yang menggunakan bandara bertaraf internasional ini aman dan nyaman selama berada disana. 


"Target kita di Bulan April tahun depan semuanya dapat terselesaikan, dan penumpang dapat kembali menikmati perjalanan," pungkasnya. (Egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media