Batam, Ekonomi

Batam Peringkat kelima Deflasi Terdalam Se-Sumatera

Juliadi | Rabu 05 Apr 2023 14:56 WIB | 592

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wali Kota/Wakil Wali Kota


Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kota Batam mengalami deflasi -0,32 persen pada Maret 2023. Pemerintah Kota (Pemko) Batam, akan terus mengendalikan pergerakan inflasi di wilayahnya.


Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Kota Batam pada Maret 2023 mengalami deflasi -0,32 persen. Sementara jika angka tahun kalender -0,09 persen dan Tahun ke Tahun sebesar 4,83 persen.


Dengan angka ini, Batam menduduki peringkat ke 5 deflasi terdalam se-Sumatera. Kemudian, Batam menduduki peringkat ke 9 Inflasi Tahun ke Tahun terendah se-Sumatera.


Dari data sama, saat ini, Tanjungpinang mengalami deflasi -0,04 persen, sementara Provinsi Kepri inflasi 0,29 persen, dan Nasional inflasi 0,18 persen.


Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengaku, pihaknya akan terus mengendalikan inflasi maupun deflasi di wilayahnya.


Pengendalian inflasi ini dinilai penting, pasalnya, jika inflasi tinggi, maka daya beli masyarakat akan minim. Sebaliknya, deflasi, akan tidak baik pula.


"Jadi, inflasi dan deflasi ini harus dikendalikan," katanya.


Untuk mengendalikannya, bahkan Pemko Batam sudah menggelar beberapa program bersama tim yang sudah dibentuk dalam pengendalian inflasi ini.


Pada intinya, Rudi, menekankan agar masyarakat Batam bisa mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.


"Ini kami lakukan semata-mata demi masyarakat Batam secara keseluruhan," tutup Rudi. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media