Batam

Polda Kepri Gelar Latihan Operasi Patuh Seligi 2023

Juliadi | Kamis 06 Jul 2023 14:50 WIB | 454

Polres/Ta dan Polsek
TNI/Polri


Dir Lantas Polda kepri, Kombes Pol Tri Yulianto, Kamis (6/7/2023). Foto: Adi


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka melaksanakan Operasi Patuh Seligi 2023, Kepolisian Daerah (Polda) Kepri gelar latihan Pra Operasi Patuh Seligi 2023 dengan tema "Patuh dan Tertib Berlalulintas Cermin Moralitas Bangsa" yang dipimpin oleh Direktur Lalu lintas (Dir Lantas) Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto, bertempat di Gedung Anton Sujarwo Polda Kepri, Kamis (6/7/2023). 


Tri menekankan, bahwa pentingnya peningkatan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat dalam pelaksanaan tugas kepolisian dan menegaskan bahwa kehadiran anggota kepolisian di tengah masyarakat bertujuan meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas.


"Operasi Patuh Seligi 2023, yang merupakan operasi kepolisian kewilayahan, bertujuan untuk memberikan edukasi, persuasi, dan pendekatan yang humanis, dengan dukungan penegakkan hukum lalu lintas menggunakan perangkat E-TLE mobile, guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas," ungkap Tri. 


Lanjut dijelaskan Tri, Operasi ini akan fokus pada penanganan tujuh pelanggaran prioritas berikut:


1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.


2. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.


3. Pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.


4. Pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk pengaman.


5. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.


6. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus.


7. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.


“Operasi Patuh Seligi 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023, secara serentak di seluruh Indonesia, khusus di Polda Kepri melibatkan total 50 personil," tuturnya. 


Tri juga memberikan arahan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini dengan menekankan hal-hal berikut:


1. Melakukan deteksi dini, pengamanan, dan pemetaan lokasi rawan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan.


2. Melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai keselamatan berlalu lintas melalui kegiatan sosialisasi melalui media cetak, elektronik, dan sosial, serta pemasangan spanduk, banner, baliho, dan penyebaran leaflet.


3. Melakukan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu lintas.


4. Melakukan publikasi mengenai tertib berlalu lintas melalui media massa, baik elektronik maupun cetak, serta media sosial.


5. Memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas.


6. Mengutamakan faktor keamanan dan kepatuhan dengan mematuhi standar operasional prosedur yang ada.


7. Menghindari tindakan pungutan liar dan melaksanakan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.


“Adapun tujuan Operasi Patuh Seligi 2023 ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta sasaran Operasi Patuh Seligi 2023 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas baik sebelum maupun pasca Operasi Patuh Seligi 2023," tutupnya. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media