Batam

Beredar Informasi Pesantren Dirusak OTK, Ini Klarifikasi Kapolsek Galang

Juliadi | Minggu 27 Aug 2023 19:15 WIB | 532

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Kapolsek Galang, Iptu Alex Yasral saat mengecek gedung pesantren di Bukit Bismillah Rempang, Minggu (27/8/2023). Foto:


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kapolsek Galang mengklarifikasi soal pemberitaan salah satu media online tentang pengrusakan Pondok Pesantren Bukit Bismillah Pulau Rempang, Galang, Batam, Provinsi Kepri oleh Orang Tidak Kenal (OTK) yang berjudul "Pesantren Bukti Bismillah Pulau Rempang Batam di Rusak OTK."


Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek, Galang, Iptu Alex Yasral mengatakan, itu bukanlah pengerusakan, namun saat dicek di lokasi, diketahui pesantren itu sudah lama tidak berpenghuni dan diduga adanya pencurian kabel terhadap gedung tersebut. 


"Rusaknya pesantren tersebut bukan karena dihancurkan orang tak dikenal, tetapi diduga dibobol maling untuk mengambil sejumlah barang-barang yang ada di pesantren tersebut," ungkap Alex, Minggu (27/8/2023). 


Menurut Alex, hasil pengecekan TKP, pelaku mengambil kabel listrik, stop kontak, meteran listrik. Selain itu ada juga bekas kabel yang di bakar dan plafon tempat penyimpanan kabel juga di bobol.


"Plafon bangunan tersebut rusak diduga karena pelaku ingin mengambil kabel jaringan listrik bangunan tersebut," ucap Alex. 


Dikatakan Alex, jika memang sengaja dirusak oleh orang tidak dikenal, tentunya bangunan dan kaca-kaca jendela sudah pecah. Namun sejauh ini, bangunan masih utuh.


“Saya mengimbau masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Galang Kota Batam, untuk tidak mudah percaya pada berita yang belum diketahui kebenarannya atau terhadap berita hoax," pungkas Alex. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media