Batam

Jumat Curhat Kamtibmas Polsek Sagulung di Sei Langkai

Juliadi | Sabtu 23 Sep 2023 12:39 WIB | 303

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Jumat Curhat/Minggu Kasih


Jumat curhat Polsek Sagulung, Jumat (22/9/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepolisian sektor (Polsek) Sagulung Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang kembali melaksanakan Jumat Curhat Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bersama masyarakat Sagulung, bertempat di Kios depan Ruko Daya Center Kelurahan Sungai Langkai, Jumat (22/9/2023). 


Kegiatan ini dihadiri Kanit Binmas Polsek Sagulung, Ipda Suyatno; Kanit IK Polsek Sagulung, Aiptu Masri, S.H; Kasium Polsek Sagulung, Aipda Anton; Kanit Provos Polsek Sagulung, Bripka.M.Alhiri; Bhabinkamtibmas Kelurahan Sagulung Kota, Bripka Arto Simanjuntak; Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai, Binti Briptu. Rahmat.D; Pers Polsek Sagulung dan masyarakat Kelurahan Sungai Langkai. 


Kanit Binmas Polsek Sagulung, Ipda Suyatno menyampaikan, maksud dan tujuan Polsek Sagulung mengadakan Jumat curhat.


"Kami datang kesini adalah agar kami dari Polsek Sagulung dapat bertukar pikiran dan menampung Curhatan baik dari segi keamanan maupun hal hal berkaitan dengan permasalahan warga di kecamatan Sagulung," ungkap Ipda Suyatno. 


Menurutnya, kegiatan ini Polsek Sagulung tentu membutuhkan saran maupun pendapat dari masyarakat guna meningkatkan kinerja Polsek Sagulung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kecamatan Sagulung.


Salah satu masyarakat, Afrizal menyampaikan, bahwa dirinya sering mendapatkan Pesanan atau makanan orderan melalui online atau telepon yang mengaku sebagai anggota Kepolisian dalam jumlah pesanan yang banyak  dan minta agar makanan tersebut diantarkan ke Polsek.


"Akan Tetapi setelah makanan tersebut saya antarkan, bahwa tidak ada yang memesan makanan dan setelah dicek pihak kepolisian nomor handphone dan nama si pemesan adalah penipuan sehingga saya sebagai Pedagang merasa dirugikan sekali pak," ungkapnya. 


Warga lainnya, Dariah juga menyampaikan, bahwasanya ia sering sekali mendapatkan pesan  ataupun Link Melalui WhatsApp atupun Facebook yang menawarkan pinjaman online ataupun produk elektronik dengan harga yang murah. 


'yang ingin saya tanyakan pak, apakah penawaran tersebut benar adanya atau penipuan dan bagaimana pak cara mengatasinya," ujarnya. 


Menanggapi hal tersebut, Kanit Binmas Polsek Sagulung, Ipda Suyatno mengatakan, agar masyarakat ataupun pedagang tidak mudah percaya dengan penelepon yang tidak dikenal ataupun mengaku sebagai pihak kepolisian ataupun sebagainya.


"Dan apabila dikemudikan hari kejadian tersebut terulang kembali agar penelpon yang tidak dikenal tersebut tidak usah direspon dan bapak sebagai pedagang berkoordinasi aja sama Bhabinkamtibmasnya untuk mengantisipasi penipuan tersebut," ujar Suyatno. 


Terkait curhat, Dariah, Suyatno menjelaskan, bahwa jika mendapatkan Link ataupun pesan dari nomor yang tidak dikenal tidak usah ditanggapi atau diabaikan saja karena itu pasti penipuan.


"ika ibu tanggapi, nanti si penipu akan meminta nomor rekening dan Kode OTP sehingga tanpa ibu sadari Uang ibu yang berada didalam rekening akan dikuasai oleh si Penipu, demikian penjelasan saya mudah mudahan kita semua tetap Waspada dan tidak gampang tergiur dengan iming iming hadiah ataupun barang yang murah," pungkasnya. 


Terpisah saat dikonfirmasi, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H, melalui Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk nyata dari program Quick Wins Presisi Polri untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan diri dengan masyarakat.


"Kami berharap dengan kegiatan ini dapat menciptakan situasi kamtibmas yang lebih aman dan kondusif," tutup Iptu Donald. (*/Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media