Batam, News, Kepri

Sampai di Kepri, Vaksin Covid-19 Dikawal Ketat Oleh TNI Polri

Egi | Rabu 06 Jan 2021 15:09 WIB | 1086

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri


Pengawalan Vaksin Sinovac dikawal oleh pihak TNI Polri (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kedatangan Vaksin Sinovac untuk Covid-19 di Kepulauan Riau dilakukan pengawalan dan pengamanan oleh TNI - Polri.


Kedatangan Vaksin Sinovac disambut langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto dan Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman.


Seteleh penjemputan, Isdianto memastikan vaksin merk Sinovac tersebut telah tiba dengan selamat dan aman. Selanjutnya vaksin ini akan diantar dan disimpan di tempat penyimpanan Vaksin di Jl. Kesehatan, Tanjungpinang.


“Kita telah saksikan sendiri vaksin telah datang, langsung dikawal oleh sejumlah personel gabungan TNI dan Polri dari penjemputan, pengantaran hingga penjagaan bahkan sampai pendistribusian ke Kabupaten/Kota,” jelasnya.


Isdianto menjelaskan, bahwa vaksin merupakan instrumen penting dalam menghentikan laju pertumbuhan covid-19, oleh karenanya dengan jumlahnya yang sangat terbatas maka pemerintah saat ini sangat serius dalam pengamanan vaksin.


“khusus pengamanan untuk vaksin ini dilakukan sangat ketat dilakukan oleh aparat gabungan TNI/Polri dengan persenjataan lengkap. Hal ini dilakukan untuk memastikan barang yang sangat luar biasa berharga ini (vaksin Covid-19), tidak ada gangguan dalam proses perjalanan penyimpanan hingga proses vaksinansi nantinya,” ucapnya.


Untuk vaksinasi atau penyuntikan vaksin Isdianto memastikan bahwa akan dilakukan setelah izin rekomendasi penggunaan darurat disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


“Setelah izin BPOM keluar baru kita lakukan penyuntikan vaksin berdasarkan arahan dan petunjuk dari Kementerian Kesehatan,” jelasnya.


Adapun sebelum vaksin tiba, tampak personil gabungan TNI/Polri berjaga-jaga untuk menjaga kelancaran pengangkutannya.


Vaksin yang dibawa oleh Pesawat Lion Air tiba di Bandara Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang pukul 10.50 WIB, langsung dimasukan kedalam 2 buah mobil box. Selanjutnya dibawa ke tempat penyimpanan di Jalan Kesehatan dengan dikawal ketat oleh personil TNI/Polri menggunakan mobil dan motor patroli serta kendaraan taktis baracuda.


Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan bapak Kapolda beserta pejabat utama dan Kapolres Tanjungpinang langsung terjun kelapangan untuk meninjau langsung pengamanan dan pengawalan Vaksin Covid - 19.


"Pengamanan dan pengawalan ini berdasarkan Surat Telegram dari Kapolri nomor : STR/1/I/OPS.2/2021 tanggal 3 Januari 2021, tentang pelaksanaan pendistribusian Vaksin Covid - 19 ke 34 Provinsi di seluruh Indonesia," Ujar Kabid Humas Polda Kepri.


Sebanyak 66 personel diterjunkan dalam pengamanan dan pengawalan ini diantaranya 25 Personel Sat Brimob Polda Kepri beserta kendaraan taktisnya, 4 personel Sat Lantas Polres Tanjungpinang, 12 Personel Lanud, 10 Personel Kodim 0315, dan 15 Personel Marinir.


Ditempat terpisah, Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol M Rendra Salipu juga menyampaikan, personel gabungan TNI - Polri akan kawal terus vaksin covid-19 sampai didistribusikan.


"Vaksinnya disimpan di gudang PT. Biofarma Tanjungpinang dengan dikawal oleh tim Pengawalan. Selanjutnya setelah tiba dilokasi penyimpanan dilakukan serah terima barang dan pengamanan di lokasi tersebut dan untuk pelaksanaan vaksinasi, itu nantinya akan dijadwalkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Satgas penanggulangan covid-19,” ujar Dansat Brimob Polda Kepri (egi)



Share on Social Media