Batam, News, Kepri

Percepat Herd Immunity, Ribuan Anak Usia 6-11 Tahun Antusias Ikuti Vaksinasi di One Batam Mall

Egi | Minggu 26 Dec 2021 13:24 WIB | 1184

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Pengusaha
BIN Kepri


Petugas vaksinasi berusaha untuk membujuk seorang anak yang menangis saat akan divaksin (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Jelang akhir tahun 2021, Binda Kepri bekerjasama dengan Apindo dan Korem 033/WP melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun pada Minggu (26/12/2021) siang di One Batam Mall Batam Center.


Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepulauan Riau, Cahya mengatakan, bahwa Apindo selama ini sudah berkomitmen untuk membantu Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi masyarakat. 


"Vaksin ini dari Pemerintah diberikan secara gratis untuk masyarakat, jadi komitmen kami bagaimana vaksinasi ini bisa cepat diterima masyarakat," ujar Cahya.


Ia juga mengapresiasi kolaborasi seluruh stakeholder dalam mendukung kegiatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. 


"Kami bekerjasama dengan Korem dan BIN mengadakan vaksinasi untuk anak-anak, target kita 6.000 orang dan vaksin yang digunakan jenisnya Sinovac," ungkapnya. 


Cahya berharap agar kegiatan vaksinasi yang digelar mampu memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakat di wilayah Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam. 




Ditempat yang sama, Kabinda Kepri Brigjen Pol. R.C. Gumay juga menambahkan, bahwa vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun akan terus digencarkan karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi agar memiliki perlindungan diri dari penyebaran Covid-19. 


"Kita tidak boleh lengah dalam menghadapi pandemi Covid-19, karena saat ini varian baru Omicron sudah menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia," ujar Gumay. 


Ia melanjutkan, percepatan vaksinasi menjadi salah satu upaya penting yang harus ditempuh untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 semakin meluas. 


"Bagi yang belum mendapat vaksin Covid-19 agar segera mendaftar, vaksin ini gratis disediakan pemerintah agar seluruh masyarakat bisa memiliki perlindungan dari penyebaran Covid-19," imbuhnya.


Gumay juga berpesan agar masyarakat agar tidak mudah untuk terprovokasi informasi hoaks dengan pelaksanaan vaksinasi anak.


"Vaksin Covid-19 terbukti aman dan telah dinyatakan halal oleh MUI, mari kita ajak anak kita, saudara kita, dan orang-orang di sekitar kita agar tidak takut untuk divaksin," pesannya. 


Dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun juga dihadiri langsung oleh Gubernur Kepri oleh Ansar Ahmad beserta rombongan.




"Saya melihat anak-anak dan orang tua yang mendampingi pelaksanaan vaksinasi ini terlihat sangat antusias. Apalagi saat ini pada libur sekolah dan juga dalam suasana natal dan tahun baru 2022," ujar Ansar.


Lanjutnya, start vaksinasi ini yang betul-betul terlaksana yaitu saat anak-anak mulai masuk sekolah kembali yaitu pada tanggal 3 Januari 2022.


"Kita akan kejar vaksinasi usia 6-11 tahun disaat anak-anak mulai kembali masuk sekolah. Kita akan gelar vaksinasi disetiap sekolah-sekolah," bebernya.


Ansar juga mengatakan, capaian vaksinasi anak saat ini baru mencapai sekitar 20 %. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini akan kita kontrol terus.


"Setiap minggu saya melaksanakan zoom meeting dengan Walikota dan Bupati. Ini saya kontrol terus dan nanti saya akan pantau langsung ke setiap daerah-daerah," tuturnya.


"Kita setiap harinya punya target. Kalau misalkan hari ini tidak capai target, berarti mereka harus cover dihari libur untuk menutupi target-target sebelumnya," pungkasnya, (egi)




Share on Social Media