Batam, News, Hukum & Kriminal, Kepri

Beraksi di Pasar Tos 3000, Pelaku Copet WNA Singapura Ditangkap Polisi

Egi | Rabu 10 Aug 2022 16:09 WIB | 752

Polres/Ta dan Polsek


Pelaku copet inisial BA saat digiring di Mapolsek Lubuk Baja (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja amankan satu orang pelaku copet di Pasar Tos 3000 Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam pada Kamis (28/7/2022) sekira pukul 17.00 WIB.


Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono saat press release mengatakan, pelaku yang berinisial BA (43) berhasil mencopet terhadap seorang warga yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) Singapura. 


"Saat itu korban yang bernama Tan Tek Hong sedang membeli pakaian di Pasar Tos 3000. Tiba-tiba datang dua orang pelaku mendekat ke korban," kata Budi didampingi Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba. 


Lanjutnya, pelaku pertama yang berinisial BA menjatuhkan kunci di dekat kaki korban. Namun rekan pelaku yang bernama Anas (DPO) mencoba mengambil handphone milik korban. 


"BA mencoba mengalihkan pandangan korban dengan menjatuhkan kunci. Setelah korban fokus dengan kunci yang dijatuhkan, pelaku Anas menjalankan aksinya mengambil handphone korban," bebernya. 




Atas kejadian tersebut, korban melaporkan kepada pihak kepolisian Polsek Lubuk Baja. 


"Korban melaporkan kejadian tersebut pada paginya, namun sorenya pelaku copet sudah berhasil kami tangkap," tuturnya. 


Saat dilakukan penangkapan, lanjut Budi, pelaku BA berhasil diamankan di Pasar Tos 3000 namun pelaku Anas berhasil kabur dan saat ini masih dilakukan pengejaran," imbuhnya. 


Dari interogasi, pelaku BA merupakan residivis spesial copet dan baru keluar dari Lapas pada bulan Juli 2021


"Terhadap pelaku dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke - 4e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," pungkasnya (Egi) 


Kapolsek Lubuk Baja juga menghimbau kepada masyarakat Kota Batam yang berkunjung ke Pasar Tos 3000 untuk selalu berhati-hati. 


"Lebih berhati-hati kalau berbelanja ke pasar, jangan membawa barang-barang berharga seperti perhiasan dan selalu menjaga barang lainnya seperti handphone dan dompet," pungkasnya (egi




Share on Social Media