Batam

Pekerja Bangunan di Perumahan Pesona Rabayu Tahap 1 Tewas Tersengat Listrik

Juliadi | Selasa 17 Oct 2023 16:30 WIB | 419

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Berduka Cita



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Seorang pemuda, Jandry Kabrahman (18) tewas tersengat listrik saat bekerja merenovasi rumah di sebuah rumah di Pesona Rabayu Tahap 1, Senin (16/10/2023) sore. 


Saat itu, korban sedang mengerindah sebuah besi untuk cakar ayam rumah menggunakan gerinda listrik. Namun ada kabel listrik (kabel rol) yang terkelupas dan menempel pada besi beton yang dipotong korban, sehingga korban tersengat listrik.


Korban yang sudah tak sadarkan diri itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam. Namun beberapa saat mendapatkan perawatan di rumah sakit, nyawa korban tidak tertolong dan korban telah meninggal dunia.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang AKP Muhammad Rizqy Saputra, S.T.K, S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa pada awalnya korban bersama seorang rekannya Wiyono sedang bekerja membuat pondasi rumah milik Farsha di Bida KSB Patam Lestari, Sekupang. Saat itu korban memotong besi beton yang akan digunakan untuk membuat cakar ayam pondasi rumah dengan menggunakan mesin gerindra listrik. 


"Sekitar pukul 13.30 WIB, saksi melihat korban mengerindah sebuah besi untuk cakar ayam rumah tak lama kemudian saksi mendengar suara korban yang berteriak," ujar Rizqy. 


Kedua rekannya langsung berlari ke arah korban dan melihat korban sudah dalam kondisi terbaring dan kaki di dalam lobang kacar ayam. Selanjutnya saksi meminta tolong kepada temannya untuk mematikan breker listrik yang mana diduga korban terkena arus listrik dikarenakan kondisi kabel grinda yang dipakai dalam kondisi putus dan masih dialiri arus listrik. 


"Rekan korban segera mematikan aliran listrik dari meteran listrik. Selanjutnya korban langsung dibawa ke RSBP, korban langsung di tangani petugas medis. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, nyawa korban sudah tidak tertolong," tambah Rizqy.


AKP Rizqy menjelaskan bahwa berdasarkan hasil olah TKP, diketahui kabel listrik yang digunakan korban terkelupas dan menempel pada besi beton yang dipotong korban. "Oleh sebab itu kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dalam bekerja gunakan alat pelindung diri (safety) dan paling penting pastikan alat yang digunakan dalam kondisi yang baik," imbau Rizqy


Atas kejadian tersebut Dwiyoni yang merupakan mandor dan mengaku siap akan bertanggung jawab atas kejadian tersebut tertera dengan surat pernyataan dengan keluarga korban. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media