Batam

Iptu Doddy Basyir Ajak Masyarakat Bengkong Jaga Kamtibmas

Juliadi | Kamis 19 Oct 2023 13:41 WIB | 321

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H saat dijumpai, Kamis (19/10/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam Surat Telegram (TR) pada tanggal 16 September 2021 kemarin, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Bengkong Kapolresta Barelang.


Setelah menjabat Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy terus berupaya memaksimalkan personilnya untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif di kawasan Bengkong.


Berbagai upaya juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, terutama kejahatan C3 (curanmor, curat dan curas). Begitu juga terkait kenakalan remaja yang banyak dikeluhkan masyarakat, menjadi atensi pihaknya untuk memberikan edukasi baik di lingkungan  sekolah maupun kepada orang tua melalui giat Bhabinkamtibmas.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Bengkong Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H mengatakan, saat ini tindak kejahatan yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat ialah kejahatan C3, terutama kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).


"Bengkong merupakan kawasan yang padat penduduk, serta banyaknya kos-kosan, dan bahkanjuga menjadi tujuan masyarkat dari tempat lain untuk bermain karena memiliki banyak destinasi wisata, sehingga menjadi incaran bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. Ini yang menjadi PR bagi kita untuk melakukan pencegahan," ucap Doddy, saat kegiatan Coffe Morning bersama awak media di Social House Cafe & Resto Melawa Premium, Komplek Golden City, Kelurahan Tanjungbuntung Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Rabu (19/10/2023).


Berbagai upaya pencegahan yang dilakukan lanjutnya, mulai dari memaksimalkan patroli di lokasi-lokasi rawan terjadinya kejahatan, serta tempat keramaian. Selain itu, juga melakukan patroli ke pemukiman sehingga dapat mempersempit ruang lingkup pelaku kejahatan untuk beraksi.


Selain melakukan pencegahan, pihaknya juga memaksimalkan upaya dalamhal penindakan terhadap pelaku kejahatan, seperti mengungkap kasus-kasus pencuriansepeda motor, pencurian ruko yang kerap meresahkan masyarakat.


"Kita sudah banyak menjawab keresahan masyarakat dengan melakukan pengungkapan kasus. Salah satunya penangkapan komplotan pencurian sepeda motor yang masih anak di bawah umur belum lama ini. Mereka telah beraksi belasan kali mencuri sepeda motor di kawasan Bengkong," jelas Doddy.


Menurutnya, untuk menjaga situasi kamtibmas juga diperlukan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi jikaditemukan adanya tindak tanduk yang mencurigakan terhadap seseorang atau kelompok yang diduga menjadi pelaku kejahatan.


"Mari kita bersama-sama bisa menjaga situasi kamtibmas di wilayah Polsek Bengkong ini. Jika masyarakat menemukan adanya hal yang mencurigakan, segera menghubungi kami Polsek Bengkong melalui Bhabinkamtibmas atau langsung datang ke Mapolsek Bengkong, dan juga bisa ke perangkat RT/RW," tutupnya. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media