Batam, News, Pendidikan

Peringati Sumpah Pemuda, SMPN 28 Batam Gelar Turnamen Voli dan Futsal

Egi | Senin 30 Oct 2023 14:43 WIB | 528




MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 95, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 28 Batam gelar pertandingan turnamen voli dan futsal SMP/MTS se Kota Batam.


Kegiatan ini berlangsung selama bulan Oktober. Adapun jadwal yang sudah ditentukan dimulai dari tanggal 7, 14, 21 dan 28 Oktober 2023.


Sedangkan komposisi peserta yang ikut bergabung di acara tersebut adalah, 32 tim peserta futsal dan 19 tim peserta voli dari berbagai sekolah SMP/MTS yang ada di Kota Batam.


Ketua Panitia Dupan Cup I, Destriyana N L. Toruan didampingi bendaharanya Salwenda menyebut, turnamen ini dimulai pada tanggal 7 Oktober lalu dan dibuka oleh Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kota Batam, Aman S.Pd.


Kata Destri, Selama pelaksanaan turnamen Dupan Cup I, Panitia melakukan kolaborasi antara komite, orang tua murid, guru, siswa dan babhinkamtibmas kelurahan belian, Sabtu (28/10/2023).


Kami juga mengundang ketua PBVSI Kota batam, Biyanto. beliau juga memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta, tak lupa juga ia memberikan kuis seputar olah raga dan memberikan hadiah bola voli kepada anak didik, kata Destri.


Lanjutnya, meskipun agenda turnamen ini diguyur hujan, semangat para peserta tidak pudar untuk bertanding. Terlihat pada tanggal 21 Oktober kemarin, kegiatan pertandingan sempat terhenti karena datangnya hujan deras, apalagi lokasi tempat turnamen merupakan lapangan terbuka, namun pertandingan tersebut dapat terselesaikan walaupun terlambat satu jam, ujarnya.


Ditambah lagi ketika hari puncak final mengalami hambatan hujan sehingga pelaksanaan final futsal di pindahkan ke area sporthill taman raya square, sementara final voli tetap dilaksanakan dilapangan SMPN 28 setelah adanya kesepakatan panitia, wasit dan pelatih.


Ini merupakan tantangan buat kami panitia, walaupun diguyur hujan tetapi pelaksanaan turnamen Dupan Cup I berjalan lancar dan sukses, rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan sekolah melalui OSIS, ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMPN 28 Batam, Boedi Kristijorini, Ia menjelaskan turnamen ini dilaksanakan untuk mencegah kenakalan remaja, perundungan serta mencari bibit atlet mulai dari sekarang. 


Dikatakanya, turnamen ini nantinya akan menjadi agenda tahunan kami untuk merangkul para anak didik ke arah lebih baik. 


Adapun tema yang diusung dalam pertandingan turnamen tersebut adalah "Semarakkan Sumpah Pemuda, Tunjukkan Semangatmu, Raihlah Prestasi, Yes We Can.


Sedangkan pemenang untuk voli diraih oleh SMPN 28 sebagai juara 1, disusul SMPN 26 juara 2 dan SMPN 25 juara 3, kemudian pemenang untuk futsal diraih oleh SMPN 30 sebagai juara 1, SMPN 42 juara 2 dan SMPN 12 juara 3.


Untuk hadiah kegiatan dupan cup 1 ini menyediakan hadiah berupa piala, dan uang pembinaan untuk juara 1, 2, 3 dan best player serta top score dan untuk supporter yang sudah setia menemani timnya memberikan semangat juga tak kalah menjadi perhatian panitia untuk memberikan hadiah kepada mereka berupa uang tunai karena sudah menjaga solidaritas dan nama baik sekolah masing-masing, tandasnya.


Lebih lanjut Boedy mengatakan, perjalanan Dupan Cup 1 SMPN 28 Batam ini merupakan yang pertama dan direncanakan menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan sekolah melalui OSIS, yang mana pembiayaan ini disponsori oleh perusahaan yang sudah bekerja sama, lapisan masyarakat serta para orang tua murid. 


Untuk itu, kami pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas dukungan serta bantuan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, imbuhnya.


Ditempat yang sama, Ketua Komite SMPN 28, Abdul Nasri menyebut kegiatan turnamen ini bisa menjadi ajang tempat mengasah kemampuan siswa dan mencegah kenakalan remaja.


Katanya, Semoga turnamen ini nantinya bisa membawa bakat siswa ke jenjang nasional supaya lebih baik lagi, tuturnya.(***) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait