Batam

Minggu Kasih di Gereja Santo Damen, Jemaat Keluhkan Kenakalan Remaja di Bengkong

Juliadi | Minggu 12 Nov 2023 10:48 WIB | 335

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Jumat Curhat/Minggu Kasih


Kegiatan Minggu Kasih Polsek Bengkong, Minggu (12/11/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka program Qwick Wins Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dan jalin Silahturahmi, Polsek Bengkong Polresta Barelang Polda Kepri melaksanakan kegiatan Minggu Kasih, bertempat di Gereja Santo Damean Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. 


Minggu Kasih ini dipimpin oleh Ps Kanit Binmas Polsek Bengkong, Aiptu Erwin Sibarani didampingi Anggota Samapta Polsek Bengkong, Brigadir Melki Crisman. 


Dalam sambutannya, Kanit Binmas Polsek Bengkong, Aiptu Erwin Sibarani mengatakan, kegiatan Minggu Kasih Kamtibmas ini program prioritas Kapolri yang bertujuan menjalin tali silaturahmi dan kerja sama antara Polsek Bengkong dengan warga kecamatan Bengkong.


"Apabila ada permasalahan terkait kamtibmas, saran, kritik dan masukan yang membangun dari bapak ibu kepada kami Polsek Bengkong silahkan nanti di sampaikan untuk kebaikan kita bersama," ungkap Erwin, Minggu (12/11/2023). 


Salah satu jemaat, Paiso menyampaikan, di Bengkong adanya anak-anak dibawah umur yang sudah beberapa kali mencuri. 


"Apakah anak-anak tersebut bisa dihukum, yang kita takutkan anak-anak ini di manfaatkan oleh orang dewasa untuk berbuat kejahatan lain dan adanya anak remaja yang konvoi kendaraan  di jalan dengan ugal-ugalan terutama pada malam hari," ungkap Paiso. 


Warga lainnya, Rola juga menyampaikan, di RT 01, 02 RW 03 sering adanya anak-anak remaja nongkrong ramai-ramai hingga larut malam.


"Hal ini dikhawatirkan menjadi tempat transaksi narkoba dan kejahatan lainnya," ujar Rola. 


Menanggapi hal tersebut, Aiptu Erwin menjelaskan, apabila anak-anak terlibat dalam perkara hukum maka anak tersebut dapat dihukum. 


Aiptu Erwin juga mengatakan, anak adalah generasi penerus, maka anak-anak yang terlibat hukum bisa juga diupayakan diselesaikan secara kekeluargaan yang melibatkan pihak kepolisian, tokoh masyarakat, tokoh agama, keluarga pelaku dan juga korbannya. 


Namun apabila ada pihak yang tidak terima, lanjut Aiptu Erwin, maka perdamaian itu tidak  bisa terlaksana. Maka dari itu kita sebagai orang tua berkewajiban untuk mengawasi kegiatan dan pergaulan anak


Terkait anak-anak sering nongkrong hingga larut malam, Aiptu Erwin menyampaikan, perlu ditinjaklanjuti oleh perangkat RT, Pemuda setempat untuk mengingatkan anak-anak remaja tersebut. 


Apabila mereka warga sekitar, kata Aiptu Erwin, boleh disampaikan kepada orang tuanya untuk dibina atau dinasihati dan namun bila dari warga luar komplek agar di ingatkan secara baik agar tidak nongkrong disana apalagi sampai larut malam. 


"Kami juga dari Polsek Bengkong yaitu unit patroli akan meningkatkan patroli di seputaran daerah yang sering dijadikan tempat anak-anak remaja sering nongkrong hingga larut malam," pungkas Aiptu Erwin. 


Terpisah saat dikonfirmasi, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H mengatakan, kegiatan ini untuk menampung aspirasi masyarakat serta menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bengkong. 


"kegiatan ini juga dapat lebih mendekatkan Polri kepada masyarakat dan mendengarkan keluhan, saran serta permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya atau lingkungan masyarakat," ungkap Iptu Doddy. 


Lanjut disampaikan Iptu Doddy, kegiatan Minggu Kasih ini merupakan program dari Kapolri. Disamping melaksanakan tugas pengamanan seperti yang sudah sering dilaksanakan selama ini, juga diberikan imbauan-imbauan kamtibmas dan menerima masukan bahkan kritik terhadap pelayanan Polri selama ini. (*/Adi) 


Redaktur: ZB




Share on Social Media