Batam

Minggu Kasih Polsek Bengkong di Gereja GBI Tabgha

Juliadi | Minggu 31 Dec 2023 10:27 WIB | 322

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Jumat Curhat/Minggu Kasih



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Program Minggu kasih Kamtibmas merupakan program Qiwick Wins Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mendengarkan secara langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat. Dimana program tersebut merupakan program dua arah antara Polri dengn masyarakat untuk membahas permasalahan seputar Kamtibmas.


Oleh sebab itu, Polsek Bengkong Polresta Berelang Polda Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Minggu Kasih Kamtibmas, bertempat di Gereja GBI Tabgha Kelurahan Bengkong Laut  Kecamatan Bengkong - Kota Batam, Kota Batam. 


Kegiatan ini dipimpin Bhabinkamtibmas Kelurahan Bengkong Laut, Aipda Ardianto didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Sadai, Aipda Agus Rianto. 


Dalam sambutan, Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Bengkong Laut, Aipda Ardianto, mengatakan kegiatan ini bertujuan menjalin tali silaturahmi dan kerja sama antara polsek bengkong dengan warga kecamatan Bengkong.


Sementara itu, warga Bengkong Baru, Sugiono menyampaikan, upaya apa saja yang telah di lakukan Pihak Kepolisian dalam menertibkan untuk giat malam Tahun Baru ini. 


"Apalagi di musim liburan Sekolah ini," ungkap Sugiono, Minggu (31/12/2023). 


Warga lainnya, Cristina Panjaitan, juga menyampaikan, apa saja yang sudah pihak kepolisian lakukan untuk mengatasi kenakalan remaja. 


Menanggapi hal tersebut, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sadai, Aipda Agus Rianto mengatakan, pengamanan malam tahun baru ini pihak kepolisian melakukan pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menjaga lokasi parkir, pengaturan jalur keluar masuk yang baik. Serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes.


"Kami juga menyiagakan tim tanggap bencana pada wisata alam," ungkapnya.


"Remaja zaman sekarang memang sangat rentan terhadap arus globalisasi, diusia mereka yang dapat dikatakan belum begitu matang harus dihadapkan dengan perubahan pola sosial dan budaya yang semakin lama semakin tidak sesuai dengan peraturan yang sudah dibuat. Remaja yang membuat kericuhan seperti tawuran, ugal-ugalan bahkan sampai dengan bacok-bacok antar teman hanya karena masalah percintaan. Kasus ini sangat tidak lazim ketika didengar. Serta akibatnya kesenjangan sosial juga akan terjadi didalam lingkungan masyarakat, hanya karena ulah remaja yang berbuat perilaku tidak baik," jelasnya. 


Di era globalisasi saat ini dapat dikatakan sebagai era globalisasi yang sangat gila. Sebab, kata Agus, budaya asing yang masuk ke Indonesia, sudah sangat mempengaruhi remaja zaman sekarang. Baik dalam hal pakaian maupun budaya minum-minuman keras yang sudah menjadi hal yang biasa saja ketika dipertontonkan.


"Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter anak, sebab ketika dia masih kecil yang menjadi pedoman dan tontonan disetiap saatnya adalah orang tua. Jadi sebagai orang tua harus bisa dan Berani melarang, mengatakan jika itu salah. Kalau bisa beri pelajaran jika dia melakukan kesalahan, tapi jangan sampai berlebihan, sekedar saja agar dia tahu bahwa yang dilakukan nya adalah salah. Pendidikan itu tidak hanya dilakukan ketika mereka masih kecil, namun hingga mereka dewasa. Akan tetapi banyak orang tua yang tidak sadar, bahwa mendidik anak itu sampai kapan pun, bukan hanya ketika mereka kecil," pungkas Agus. 

 

Terpisah saat dikonfirmasi, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H mengatakan, kegiatan ini untuk menampung aspirasi masyarakat serta menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bengkong. 


"kegiatan ini juga dapat lebih mendekatkan Polri kepada masyarakat dan mendengarkan keluhan, saran serta permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya atau lingkungan masyarakat," ungkap Iptu Doddy. 


Lanjut disampaikan Iptu Doddy, kegiatan Minggu Kasih ini merupakan program dari Kapolri. Disamping melaksanakan tugas pengamanan seperti yang sudah sering dilaksanakan selama ini, juga diberikan imbauan-imbauan kamtibmas dan menerima masukan bahkan kritik terhadap pelayanan Polri selama ini. (Adi)


Redaktur : ZB



Share on Social Media