Batam

Jumat Curhat, Warga Batu Ampar Minta Kapolresta Barelang Aktifkan Kembali Siskamling

Juliadi | Jumat 12 Jan 2024 15:21 WIB | 315

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Jumat Curhat/Minggu Kasih


Kapolresta Barelang didampingi Kapolsek Batu Ampar, Babinsa Batu Ampar, Camat Batu Ampar dan Pju Polresta Barelang, Juma


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kapolsek Batu Ampar, Kompol Dwihatmoko Wiraseno, S.H, S.I.K., M.H mendampingi Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melaksanakan kegiatan Jumat Curhat Kamtibmas dan penyaluran Bantuan sosial (Bansos) Polresta Barelang Polda Kepri, bertempat di Kantor Camat Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. 


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nugroho, S.H, S.I.K., M.H mengatakan, kehadiran Polresta Barelang dalam kegiatan Jumat Curhat kamtibmas bersama masyarakat Kecamatan Batu Ampar ini sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Batu Ampar dengan tujuan kegiatan ini adalah mendengarkan langsung keluhan masyarakat serta langsung menanggapi dan merespon keluhan masyarakat tersebut. 


"Konflik Masyarakat yang ada di Kecamatan Batu Ampar diharapkan dapat segera diselesaikan, agar situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Batu Ampar Polresta Barelang dapat selalu dalam keadaan aman dan terkendali," ungkap Nugroho, Jumat (12/1/2024).


Jumat curhat, kata Nugroho, adalah program Kapolri untuk dilaksanakan di seluruh wilayah yang bertujuan untuk menerima saran dan mengetahui permasalahan yang dialami warga masyarakat dan kegiatan ini juga untuk mencari permasalahan yang ada di wilayah Kelurahan ataupun dilingkungan RT dan RW. 


"Sebentar lagi kita akan mengadakan pemilu 2024 dan saya harapkan pemilu damai dan jangan ada yang mengirim atau menyebar pemberitaan hoax. Silahkan bapak/ibu memilih sesuai dengan hati nurani. Kami TNI dan Polri tetap menjaga netralitas terkait pemilu," tegas Nugroho. 


Nugroho juga mengajak masyarakat untuk bersama - sama untuk menjaga situsi Pemilu yang aman dan Kondusif.


"Kegiatan Jumat curhat akan terus kita laksanakan, untuk menampung aspirasi dan supaya tidak terjadi sumbatan komunikasi antara masyarakat dengan Polri, berkaitan dengan harkamtibmas sehingga kita bisa melayani dengan baik dan memberikan problem solving terkait permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Nugroho.


Sementara itu, salah satu warga Batu Merah Ahmad Dasuki menyampaikan, agar Siskamling di seluruh kelurahan Batu Ampar agar diaktifkan kembali.


Ia juga menyampaikan, terkait banyaknya kendaraan roda dua maupun roda empat yang parkir sembarangan di bahu jalan sehingga menimbulkan kemacetan.


"Kami juga mohon agar sebulan sekali, Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan rapat di wilayah masing -masing khususnya di Kecamatan Batu Ampar," ungkap Ahmad  Dasuki.


Warga Keluarahan Tanjung Sengkuang, Dahlan Marpaung juga menyampaika, mengatakan terkait laporan Polisi yang ia buat di Polresta Barelang terkait tindak pidana penipuan Online pada 27 Juli 2023 lalu, namun sampai sekarang belum ada tindakan dari pihak penyidik.


"Mohon bantuannya pak,” ucap Dahlan.


Warga Jodoh, John Sianipar juga meminta Polsek Batu Ampar agar patroli di wilayah Batu Ampar lebih ditingkatkan lagi, agar aasyarakat Batu Ampar merasa lebih aman.


Senada Ketua LPM Kampung Seraya, Yoserizal juga menyampaikan, terkait pak ogah yang sering melakukan pengaturan di simpang-simpang jalan.


"Apakah kegiatan seperti itu boleh di lakukan," ucap Yoserizal.


Menanggapi hal tersebut, Nugroho mengatakan,  beberapa waktu yang lalu sudah mencoba untuk membangkitkan kembali siskamling dengan cara membuat perlombaan Siskamling terbaik di tingkat Kota, Provinsi, Hingga Nasional, namun sepertinya ada beberapa siskamling yang saat ini tidak menjalankan lagi kegiatan tersebut.


"Kami dari pihak kepolisian akan mencoba memonitor kembali ke lapangan dan personil Polsek Batu Ampar nanti akan coba mengecek kelokasi parkir sembarangan, apabila masih terjadi parkir sembarangan tersebut jangan segan - segan Japri ke WA saya untuk memberi informasi," ungkap Nugroho.


"Saya akan mengarahkan Bhabinkamtibmas agar melaksanakan kegiatan tersebut, kami dari Polresta Barelang akan berkordinasi dengan Polsek Batu Ampar terkait kemacetan," tambah Nugroho.


Untuk Patroli, kata Nugroho, akan mengarahkan Batara Biru Polsek Batu Ampar agar melakukan mobile setiap hari di wilayah hukum Polsek Batu Ampar guna meningkatkan rasa aman bagi masyarakat.


"Terkait permasalahan hukum, ada yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan ada yang tidak. Contoh, penganiayaan, itu bisa diselesaikan perdamaian antara dua pihak. Sedangkan yang tidak bisa atau ditindaklanjuti secara hukum, seperti pencabulan anak dibawah umur, ini akan kita tindaklanjuti secara hukum kepada pelaku agar memberi efek jera kepada pelaku," tutup Nugroho.


Menanggapi keluhan warga terkait penipuan online, Wakasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Thetio Nardianto, S.H menambahkan, Sat Reskrim Polresta Barelang sudah menindaklanjuti dan sekarang masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.


Terkait pak ogah dipersimpangan jala, Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Cut Amelia Sari, S.I.K., M.H megatakan, kegiatan seperti itu tidak boleh dilakukan.


"Apabila bapak membutuhkan pihak Kepolisian untuk melaksanakan pengaturan jalan karena terjadi kemacetan silahkan memberi kabar kepada pihak Polsek Batu Ampar atau kepada kami langsung dan kami pasti akan langsung menindaklanjutkannya," pungkas Cut Amelia. (Adi)


Redaktur : ZB




Share on Social Media