Batam

Tingkatkan Potensi Dirgantara, FASIDA Batam Gali dan Kembang SDA, SDM Serta SDB

Juliadi | Rabu 07 Oct 2020 17:56 WIB | 2296

TNI/Polri
Lanud


Foto : Hms Lanud Hang Nadim untuk matakepri.com


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim melalui organisasi yang bernaung di bawahnya yaitu Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASIDA) Batam, berinovasi dengan berupaya menggali dan mengembangkan segala Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Buatan (SDB) untuk meningkatkan potensi dirgantara yang berada di wilayah batam.

Beberapa gebrakan awal sudah dilaksanakan oleh Lanud Hang Nadim melalui FASIDA Batam antara lain survey sekaligus uji coba terbang paralayang di Bukit Gendang Sembulang. 


Komandan Lanud Hang Nadim  dan sekaligus sebagai Ketua FASIDA Batam Letnan Kolonel penerbangan (Letkol Pnb) Urip Widodo mengatakan, keberhasilan Paralayang mengudara dengan aman dan selamat untuk kali pertama di udara Kota Batam. membuktikan bahwa SDA Batam tidak kalah bagusnya dengan wilayah lain yang telah mengelola olahraga kedirgantaraan. 


"Satu titik sudah kita kantongi sebagai lokasi pengembangan olahraga Paralayang, saya yakin lokasi tersebut dapat dijadikan wahana wisata dirgantara bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing seperti dari negara tetangga terdekat kita Singapura dan Malaysia," tutur Urip, Rabu (7/10/2020). 


Menurut Urip, selain itu pasti akan muncul putra-putra daerah yang mampu bersaing sebagai atlet Paralayang  profesional dan mampu bersaing dikancah nasional maupun internasional pada setiap kejuaraan, kata Urip dengan optimis. 


Tidak puas sampai disitu saja, beberapa hari yang lalu tepatnya Sabtu-Minggu (3-4/10/2020) telah dilaksanakan survey udara untuk menentukan lokasi Airstrip di Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning.


Survey itu sendiri menggunakan pesawat microlight Trike dengan type Airborne XT582 dengan Pilot Arif Nursilo dari PB Fasi pada penerbangan pertama.  Dalam survey hari berikutnya, tidak banyak diketahui oleh kalayak ramai ternyata Batam memiliki seorang Pilot wanita.  


Theresia Irna Susilo Jati dari Kementrian Kehutanan dan telah piawai menerbangkan pesawat Trike dengan mengantongi 120 jam terbang.


Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadis Ops) Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo mengatakan, setelah mendapatkan titik lokasi yang tepat untuk take off maupun landing pesawat Trike di wilayah TWA Muka Kuning. 


"Maka dipastikan akan dibangun landasan di wilayah tersebut guna pengembangan olahraga dirgantara dan sekaligus bertujuan guna meningkatkan Aero Wisata Batam," tutup Wardoyo. (r/Adi) 



Share on Social Media