Batam

TNI AU Berikan Kontribusi Penegakan Hukum Keimigrasian di Wilayah Perbatasan.

Juliadi | Rabu 19 Jan 2022 17:01 WIB | 1459

TNI/Polri
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka penegakaan hukum keimigrasian di wilawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim dan instansi TNI-Polri lainnya di wilayah Batam menggelar Apel Nasional Gabungan bertempat di Dermaga 99 Batu Ampar Batam, Rabu (19/1/2022).


Apel Nasional Gabungan dipimpin langsung oleh Menkumham RI Yasonna H. Laoly dihadiri Wakil Menkumham Edward Omar Sjarif H dan Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara (Kaskoopsau) I  Marsekal Muda (Marsma) TNI Jorry S. Koloay, S.IP., M.Han mewakili Panglima Koopsau (Pangkoopsau) I Marsekal Muda (Marsda) TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M serta para pejabat lain dari TNI-Polri dan Instansi terkait termasuk Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P. 


Apel Gabungan Nasional digelar dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 dilaksanakan di Batam mengingat letak Batam di Kepulauan Riau merupakan wilayah yang sangat strategis berbatas langsung dengan negara tetangga sangat berpotensi sebagai pintu keluar masuknya Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) dari dalam dan luar negeri. 


Dalam acara lanjutan juga ditampilkan simulasi Penangkapan Kapal Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal, dengan harapan terbentuk Sinergitas antar Instansi dan Lembaga di Kepulauan Riau dalam rangka Penegakan Hukum Keimigrasian di Wilayah Kepulauan Riau.


Dalam simulasi tersebut dua pesawat TNI AU jenis Boeing Intai Strategis dan CN-295 melaksanakan patroli maritim dan menemukan kapal yang mencurigakan di perairan. 


Temuan tersebut oleh pihak TNI AU dilaporkan ke pihak terkain untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.



Share on Social Media