Batam, Hukum & Kriminal

Bikin Resah Warga Tanjung Riau, Empat Pemuda Pengrusakan Bengkel Motor Diamankan Polsek Sekupang

Juliadi | Kamis 31 Aug 2023 11:36 WIB | 523

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Hukum & Kriminal
TNI/Polri


Para pelaku penganiayaan dan pengrusakan bengkel motor di Tanjung Riau, Kamis (31/8/2023). Foto: Adi


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Membuat resah warga  Kampung Baru Kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang, empat pemuda pengrusakan dan penganiayaan bengkel motor pada Minggu dini hari (30/7/2023) lalu berhasil diamankan unit Reskrim Polsek Sekupang.


"Keempat pemuda tersebut merupakan warga Tanjung Riau, inisial AIA (22), HH (26), MA (22) dan MI (21) kita tangkap berdasarkan laporan dari masyarakat," ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang Kompol Z.A. Christopher Tamba, S.H, kepada awak media, Kamis (31/8/2023). 


Tempat Kejadian pengrusakan oleh empat pemuda di Tanjung Riau, Kamis (31/8/2023). Foto: Adi

Dijelaskan Kompol Tamba, berawal pada saat korban pergi ke warung dengan menggunakan sepeda motor kemudian diberhentikan oleh sekelompok pemuda yang lagi duduk ngumpul di pinggir jalan.


Menurut Kompol Tamba, para pemuda tersebut, menanyakan "kau anak mana" selanjutnya tiba-tiba secara bersama-sama para pemuda melakukan pemukulan dibagian muka dan perut korban dan korban langsung pulang ke bengkel tempat tinggalnya, berhubung korban akan pulang kampung dan meminta antar kepada rekanya ke pelabuhan.


Lanjut dikatakan Kompol Tamba, saat di pelabuhan Sekupang korban mendapat telpon dari pemilik bengkel dan memberi tau bahwasanya bengkel di rusak oleh sekelompok orang dan barang-barang  didalam bengkel pada rusak dan hilang seperti sparepart motor, oli dan kunci-kunci.


"Kelompok pemuda berkumpul hingga dini hari dan melakukan keonaran di tempat mereka kumpul dengan memberhentikan pengendara dan melakukan pengeroyokan terhadap korban, mereka juga melakukan pengrusakan terhadap Bengkel motor milik korban di Kampung Baru Kelurahan Tanjung Riau tidak jauh dari lokasi mereka kumpul yang mengakibatkan kerugian kerusakan pada bengkel tersebut," jelas Kompol Tamba. 


Kompol Tamba menambahkan, atas informasi itu selanjutnya Opsnal Polsek Sekupang melakukan Penyelidikan terhadap yang diduga sebagai pelaku dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi yang mengetahui tentang kejadian tersebut dan dari keterangan bahwasanya benar diduga pelaku telah melakukan Penganiayaan dan Pengerusakan di bengkel korban.


Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Sekupang  melakukan penangkapan terhadap pelaku AIA (22) di rumahnya setelah di lakukan introgasi di dapatilah informasi bahwa yang ikut melakukan penganiayaan dan pengerusakan ada tiga orang pelaku lainnya selanjutnya ketiga pelaku lain diamakan dari rumahnya masing masing. 


Pengakuan dari para pelaku bahwa mereka melakukan Pengeroyokan dan pengrusakan di bawah pengaruh minuman alkohol selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa menuju Polsek Sekupang untuk dilakukan pemeriksaan untuk mempertanggung jawab tindakan mereka.


"Saat ini, para pelaku dan juga barang bukti kami amankan di Mapolsek Sekupang guna proses hukum lebih lanjut," tambah Kompol Tamba.


Menurut Kompol Tamba, Polsek Sekupang juga imbau ke warga agar secepatnya melaporkan bila ada kejadian seperti ini ke polisi dan berharap orang tua melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya, agar tidak ikut terlibat dalam suatu kelompok tertentu yang mengarah ke aksi kejahatan ataupun tindakan kriminal lainnya.


“Untuk mencegah kejadian serupa, kami akan terus meningkatkan patroli ke lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kriminalitas. Kami dari pihak Kepolisian kepada para orang tua, tolong diimbau anak-anaknya kalau memang keluar rumah tanpa ada keperluan ya disuruh pulang, biar tidak kelayapan atau keluar rumah apalagi mereka melakukan hal-hal negatif,” ucap Kompol Tamba. 


“Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat, mari kita wujudkan kondusifitas kamtibmas di Kota Batam khususnya Sekupang. Bila ada yang mengetahui atau melihat gangguan Kamtibmas, bisa langsung segera menginformasikannya kepada kami,” tutup Kompol Tamba.


Redaktur: ZB



Share on Social Media