Batam

Cegah Bullying di Sekolah, Bhabinkamtibmas Tiban Indah Kunjungi SMPN 25 Sekupang

Juliadi | Rabu 13 Dec 2023 13:33 WIB | 286

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Indah memberikan sosialisasi kepada siswa SMPN 25, Rabu (13/12/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Mencegah adanya bullying dan kekerasan di Sekolah, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Indah Polsek Sekupang Polresta Barelang Polda Kepulauan Riau Aipda Nanda melakukan sosialisasi pencegahan perundungan dan bullying di SMP Negeri 25 Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang Kota Batam, Kepulauan Riau. 


Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Sekolah SMPN Dra. Maysaroh, seluruh Guru SMPN 25 Tiban Indah dan juga dihadiri Siswa siswi Sekolah SMP Negeri 25 Kota Batam. 


Aipda Nanda, mengatakan, pendidikan merupakan aspek penting dalam membentuk karakter individu di masa depan. Oleh karena itu, peran sekolah sangatlah vital dalam mengajarkan nilai-nilai positif kepada siswa. 


"Namun, tidak jarang kita mendengar kasus perundungan dan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah," ungkap Aipda Nanda, Rabu (13/12/2023). 


Aipda Nanda menyampaikan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para anak-anak didik akan pentingnya menjaga hubungan yang baik dan harmonis antara sesama teman sekelas.


Dalam sosialisasinya, kata Aipda Nanda, contoh-contoh kasus nyata yang terjadi di masyarakat sebagai pembelajaran bagi siswa agar mereka dapat memahami betapa pentingnya menghormati orang lain dan tidak melakukan tindakan kekerasan verbal maupun fisik.


Selain itu, Aipda Nanda juga memberikan arahan kepada guru dan wali murid bahwa melakukan kekerasan terhadap anak bisa langsung di pidana, penindakan hukum kepada anak yang bermasalah dengan hukum dan menjelaskan hak hak anak serta kewajiban anak dalam menjalani kehidupan sehingga anak anak menjadi penerus bangsa yang baik dan memiliki moral dan kepribadian yang baik.


"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, Anak-anak sekalian dapat lebih peka terhadap tindakan perundungan dan bullying. Selain itu, para siswa juga akan belajar untuk saling menghormati dan menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama teman sekelasnya," pungkas Aipda Nanda. 


Terpisah, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang AKP M. Rizqy Saputra, S.T.K, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa kunjungan Bhabinkamtibmas ke Sekolah ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.


“Dengan adanya kerjasama antara Pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Sekupang, sekolah, serta orang tua, diharapkan kasus perundungan dan bullying dapat diminimalisir bahkan dihilangkan sama sekali," tutup Rizqy. (*/Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media