Batam

Lanud Hang Nadim bekerjasama FASI Gelar Pelatihan Sertifikasi Penerbang Drone

Juliadi | Senin 28 Sep 2020 14:29 WIB | 2336

TNI/Polri
Lanud


Foto : Ilustrasi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) membuka dan melaksanakan pelatihan sekaligus memberikan License (surat Izin) kepada Penerbang Drone di wilayah Batam dan sekitarnya. 


Pelatihan Pilot Drone akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2020 - 4 Oktober 2020 bertempat di Wisata Alam Muka Kuning, Batam.

Pelatihan ini dilatarbelakangi dengan semakin maraknya penggunaan pesawat-pesawat Drone dengan berbagai keperluan seperti hobby, olahraga, bisnis dan sebagainya. 


Foto : Ilustrasi 


Tuntutan kemajuan zaman, menjadikan Drone sebagai alat yang digemari dan sangat dibutuhkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat baik yang bersifat pribadi, kelompok maupun institusi pemerintah. 

Namun dibalik itu, pengoperasian Drone akan menjadi sangat berbahaya bila diterbangkan oleh orang-orang yang tidak memahami ilmu maupun hukum-hukum yang berkaitan dengan dunia penerbangan dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 61, 91, 107 dan PM 37/2020.


Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel penerbangan (Letkol Pnb) Urip Widodo melalui Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo mengatakan, bahwa pesawat Drone merupakan hasil dari perkembangan tehnologi yang dapat dinikmati oleh masyarakan dengan berbagai tujuan kepentingan.  


“kami akan adakan pelatihan untuk mengeluarkan license bagi para pilot Drone mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan bila diterbangkan oleh orang-orang yang tidak paham dengan Hukum penerbangan. Apalagi hal itu dilakukan di wilayah KKOP bandara Hang Nadim,” Mayor Lek Wardoyo, Senin (28/9/2020). 

Mayor Lek Wardoyo menambahkan, dengan mengikuti pelatihan atau khursus tersebut maka yang bersangkutan secara otomatis menjadi anggota Fasida Batam.  


"Registrasi pendaftaran dapat dilakukan dengan cara online pada link https://forms.gle/2Ge5Jr7EE4CfUZVN9," tutup Wardoyo. (r/Adi) 



Share on Social Media